Friday, May 16, 2014

Tiongkok Minta Menlu RI Redam Buruh Vietnam

Headline

Hanoi (MI) Ribuan pekerja Vietnam membakar sejumlha pabrik milik investor Tiongkok sebagai protes atas pembangunan kilang minyak oleh China.

NBC News mengabarkan Rabu (14/5/2014), pabrik yang dirusak itu ternyata milik pengusaha Taiwan di Provinsi Binh Dong dan Dong Nai. ‘’Sekitar 19 ribu pekerja berdemo menentang aksi Tiongkok yang melanggar kedaulatan laut Vietnam,’’ kata Tran Van Nam, wakil Komisi Rakyat Binh Dong. Banyak buruh yang marah dan merusak gerbang pabrik dan meminta pekerjanya agar berdemo.

Jurubicara kementerian Singapura juga mengabarkan banyak perusahaan asing di kawasan itu juga dirusak dan dibakar. Termasuk di kawasan Vietnam-Singapora Industrial Parks (VSIP) I dan II di Binh Dong. Pihak Singapura meminta Pemerintah Hanoi untuk mengendalikan aksi kerusuhan tersebut. 

Menlu Tiongkok Wang Yi menelepon Menlu Indonesia Marty Natalegawa, untuk menyampaikan pesan ke Vietnam agar Pemerintah Hanoi bertindak tenang. ‘’Tiongkok juga meminta agar Vietnam menghormati kedaulatan Tiongkok,’’ begitu bunyi pernyataan resmi yang dilansir di situs kementerian luar negeri Tiongkok.





Sumber : INILAH

No comments:

Post a Comment