Monday, May 13, 2013

KRI TELUK RATAI-509 ANGKUT SATGAS PENGAMANAN PERBATASAN RI-MALAYSIA



Palembang (MI) : Salah satu kapal perang TNI AL dari jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), KRI Teluk Ratai-509 melaksanakan operasi pergeseran pasukan (serpas) TNI yang tergabung dalam satuan tugas (satgas) pengamanan perbatasan RI-Malaysia.
KRI yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya tersebut mengangkut lebih dari 600 pasukan TNI dari kesatuan TNI AD Yonif 141/Aneka Yudha Jaya Perkasa Kodam II Sriwijaya. Pelepasan pasukan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia ini, telah dilaksanakan di Dermaga Boom Baru Palembang dalam upacara pelepasan yang dipimpin Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Nugroho Widyotomo.
Kapal perang jenis Landing Ship Tank (LST) dengan komandan Letkol Laut (P) Arief Budiman, saat ini tengah melaksanakan lintas laut menuju Kalimantan. KRI Teluk Ratai-509 akan menurunkan pasukan yang akan bertugas menjaga perbatasan RI-Malaysia di Balikpapan, Tarakan, serta Nunukan.
Selain menurunkan pasukan di ketiga daerah itu, kapal perang tersebut juga akan menarik Satgas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia yang lama, yang telah bertugas selama enam bulan, kembali ke kesatuan asal.
Pergeseran pasukan ke seluruh wilayah nusantara merupakan salah satu tugas pokok Kolinlamil sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer. Selain mendukung pergeseran pasukan TNI ke daerah perbatasan dengan negara tetangga, Kolinlamil juga aktif dalam mendukung pergeseran pasukan, material dan logistik ke daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar RI.



Sumber : TNI  AL

No comments:

Post a Comment