Friday, May 17, 2013

Alat Perang TNI Mejeng Tiga Hari di Gasibu Bandung



Bandung (MI) : Ada pemandangan berbeda selama tiga hari mendatang di Lapangan Gasibu Bandung. Sejumlat alat perang TNI diboyong dan menyapa masyarakat umum. Kegiatan ini rangkaian hari jadi Kodam III Siliwangi ke-67.

Acara bertajuk 'Pesta Rakyat' digelar mulai Jumat 17 Mei hingga Minggu 19 Mei 2013. Tak hanya dimeriahkan hiburan musik, panitia pun memamerkan alat utama sistem pertahanan (alutsista).

"Kodam Siliwangi ingin memberikan hiburan kepada masyarakat Bandung dan Jawa Barat umumnya melalui acara Pesta Rakyat ini," jelas Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (17/5/2013).

Berbeda hajatan serupa sebelumnya, kata Sonny, Kodam III Siliwangi tahun ini sengaja menghadirkan alutsista di tengah-tengah masyarakat. Alat perang yang biasa parkir di markas militer dan hanya bisa dilihat dari kejauhan, kini diangkut di hadapan publik. Sepanjang acara, masyarakat bebas berfoto ria sambil menyentuh senjata, kendaraan militer, dan helikopter.

"Kita menyadari Siliwangi adalah rakyat Jabar, rakyat Jabar adalah Siliwangi. Maka itu, tujuan kegiatan ini lebih mendekatkan di kepada masyarakat," ujar Sonny.

Alutsista yang ditampilkan antara lain kendaraan taktis (rantis) seperti Jeep AMC CJ-7, Truk Reo, Truk Recovery Reo M-35, dan Truk Unimog. Lalu kendaraan tempur (ranpur) macam Panser Anoa, Panser Panhard, Tank Scorpion, dan Tank Stormer. Selain itu dua unit helikopter beserta senjata lengkap masing-masing helikopter BO-105 dan Bell-412. Sejumlah senjata ringan dan senjata berat turut nongkrong dalam acara tersebut.



Sumber : Detik

No comments:

Post a Comment