Monday, September 8, 2014

HUT TNI, Penerbangan Sipil di Juanda Dialihkan

HUT TNI, Penerbangan Sipil di Juanda Dialihkan   

Jakarta (MI) : Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia Mayor Jenderal M. Fuad Basya mengatakan Bandar Udara Juanda, Sidoarjo, tidak akan ditutup saat peringatan hari ulang tahun ke-69 TNI di Surabaya pada 5 Oktober 2014. "Hanya ada pengalihan penerbangan sipil, tapi saat pesawat tempur TNI melakukan manuver saja," kata Fuad saat dihubungi Tempo pada Senin, 8 September 2014.

Menurut dia, pengalihan penerbangan sipil saat HUT TNI itu dilakukan demi alasan keamanan. Sebab, TNI akan mengerahkan sekitar 200 pesawat terbang dari berbagai jenis untuk memeriahkan upacara peringatan. "Pesawat-pesawat tersebut didatangkan dari Lapangan Udara Iswahjudi, Madiun, dan Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta," katanya.

Pengalihan penerbangan akan dilakukan terhadap pesawat yang datang maupun yang akan terbang dari arah barat Bandara Juanda. Armada pesawat TNI seluruhnya didatangkan dari arah Bandara Juanda. "Nanti TNI meminta pesawat sipil untuk memutar dahulu ke arah timur, begitu juga yang akan mendarat dari arah barat akan kami minta putar haluan," katanya.

Fuad menjamin peringatan HUT TNI tidak akan mengubah seluruh jadwal penerbangan sipil. Maksimal hanya ada keterlambatan waktu berangkat dan kedatangan yang berkisar 10-15 menit saja. "Jangan khawatir tidak ada penutupan Bandara Juanda karena manuver pesawat tempur hanya berlangsung di menit-menit tertentu saja," katanya.









Sumber :  TEMPO

No comments:

Post a Comment