Wednesday, September 10, 2014

Marinir Peringati HUT Ke-69 TNI Angkatan Laut


Jakarta (MI) : Pada tahun 1945, tepatnya tanggal 10 September, telah menjadi catatan dalam sejarah Bangsa Indonesia sekaligus tonggak lahirnya TNI Angkatan Laut yang kita cintai dan banggakan bersama. Melalui cucuran darah dan keringat, pengorbanan serta lika liku panjang mewarnai jejak langkah perjuangan para pengawal samudera.
 
Hal ini diungkapkan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Marsetio dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Perencanaan dan Anggaran Komandan Korps Marinir (Asrena Dankormar) Kolonel Marinir Suhartono selaku Inspektur Upacara pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 TNI Angkatan Laut yang diikuti oleh segenap Prajurit dan PNS Korps Marinir Wilayah Barat di Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, (10/09/2014).


Dalam amanatnya Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) juga menyampaikan bahwa sejarah bukanlah narasi tunggal yang berisi catatan beku dan dogmatis. Sebaliknya rekonstruksi kiprah pengabdian para pejuang pada masa perang kemerdekaan akan selalu terekam kuat dalam setiap benak generasi penerus bangsa.


“Dalam peringatan ulang tahun ini jajaran TNI AL perlu menundukkan kepala dan berpikir, apa yang telah kita berikan kepada Bangsa dan Negara bila dibandingkan dengan para pahlawan, maka perjuangan kita tidak terlalu sulit sehingga teladan para pahlawan dapat kita jadikan pendorong semangat untuk memberikan yang terbaik bagi TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara”, ungkap Kasal.


Pada akhir amanatnya Kasal menyampaikan beberapa hal, pertama, tingkatkan kualitas diri sebagai Prajurit Matra Laut yang profesional dan berdedikasi tinggi, dengan berpedoman kepada Trisila TNI AL, selaras dengan paradigma baru World Class Navy, kedua, pedomani dan hormati hukum, perundang-undangan serta hak asasi manusia dalam setiap pelaksanaan tugas, ketiga, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, disertai kerelaan berkorban serta tulus ikhlas, keempat, utamakan prinsip Zero Accident dan pelihara Alutsista yang dipercayakan Negara dengan baik, agar tetap dapat mendukung keberhasilan tugas secara optimal, dan kelima, tingkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap perkembangan situasi yang cepat berubah, agar kita dapat bertindak proaktif dalam mengatasi setiap permasalahan yang merugikan kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara.












Sumber : MARINIR

No comments:

Post a Comment