Kamis, 26 Juni 2014

TNI AL Laksanakan Operasi Siaga Keamanan Laut


Jakarta (MI) : Komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Barat (Danguskamlaarmabar) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., memimpin operasi siaga keamanan laut dengan nama sandi Gupala Arnawa-14, di Perairan Selat Singapura, Selat Phillips, Selat Malaka dan Perairan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, dengan kapal markas KRI Beladau 643, baru-baru ini.

Menurut Danguskamlaarmabar, esensi mendasar dari pelaksanaan patroli laut merupakan bentuk kehadiran unsur gelar operasi di laut yang diharapkan mampu memberikan deterrent effect dalam upaya mewujudkan keamanan laut dari segala jenis dan bentuk ancaman dalam aspek maritim. Selain itu, juga untuk melaksanakan pengejaran, penangkapan dan penyelidikan (Jarkaplid) terhadap kontak-kontak kapal mencurigakan yang melakukan tindakan illegal di Selat Malaka dan Selat Singapura sebagai Selat yang memiliki nilai penting sebagai Sea lanes of communication (SLOC) dan Sea Lanes of Transportation (SLOT).

Di sela-sela kegiatan patroli laut tersebut, Danguskamlaarmabar meninjau salah satu pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara Singapura yaitu Pulau Nipah, sekaligus melaksanakan tatap muka dan pengarahan kepada anggota pengawak Pos TNI AL (Posal), Satuan Tugas (Satgas) Marinir dan Satgas TNI AD di pulau tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut, Danguskamlaarmabar menyampaikan bahwa keberadaan para prajurit memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) karena Pulau Nipah merupakan salah satu base point yang harus dipertahankan sampai titik darah penghabisan. 

Danguskamlaarmabar juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit di Pulau Nipah yang telah berusaha keras (survive) dengan segala keterbatasan sarana prasarana, namun tetap semangat dan bekerja secara ikhlas, tanpa pamrih dalam rangka pengabdian kepada nusa dan bangsa. Rangkaian kegiatan patroli tersebut kemudian dilanjutkan dengan kunjungan kerja ke Lanal Tanjung Balai Karimun. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi peninjauan sarana dan prasarana Lanal, tatap muka langsung dan pengarahan kepada seluruh prajurit Lanal Tanjung Balai Karimun. Selain itu juga melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Bupati Karimun dan silaturahmi dengan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FKPD) Kabupaten Karimun.








Sumber : Koarmabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar