Thursday, June 26, 2014

Gaya SBY Tampil Bersama Taruna Drum Band Akmil Magelang



Jakarta (MI) : Usai melakukan pendakian Gunung Tidar, di Kompleks Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Presiden SBY dan Ibu Ani turun dan menyaksikan atraksi Drum Band Genderang Seruling Canka Lokananta Taruna Akmil. Presiden SBY bernostalgia dengan turut memainkan kembali alat Drum Band Genderang Seruling Canka Lokananta.

Dalam foto-foto yang diterima detikcom dari Fotografer Istana Abror Rizki, Rabu (25/6/2014), tampak SBY mengenakan seragam akmil lengkap dengan baret cokelatnya. SBY tampak serius menabuh drum yang sedang dimainkan.

Bagi SBY, kunjungan kerja ke Tidar ini merupakan nostalgia. Sebab ia pernah menjalani pendidikan militer di sini dari tahun 1970 - 1973. Saat menjadi taruna, SBY dulu memainkan tenor drum di drum band Canka Lokananta. 


Dikutip dari presidenri.go.id, Gunung Tidar adalah landmark kota Magelang, sekaligus ikon Akademi Militer (Akmil), yang memang berlokasi di lembah Tidar. Tidar lebih berupa bukit ketimbang gunung karena tingginya hanya sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Tapi warga Magelang menyebutnya sebagai gunung.


Peninjauan ke puncak Gunung Tidar ini juga dalam rangka melakukan aksi penanaman pohon. SBY dan Ibu Ani menanam jenis pohon yang sama, yaitu Kalpataru (Hura Crepitans).

Gunung Tidar tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan di Akmil karena banyak kegiatan taruna dilakukan di gunung yang dalam legenda dikenal sebagai "Pakunya Tanah Jawa" ini. Berada pada ketinggian 503 meter dari permukaan laut, Gunung Tidar memiliki sejarah dalam perjuangan bangsa.



Di Gunung Tidar itulah Akmil --dahulu pernah bernama Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri)-- sebagai kawah candradimuka yang mencetak perwira pejuang Sapta Marga ini berdiri pada 11 November 1957.








Sumber : Detik

No comments:

Post a Comment