Monday, April 8, 2013

LANTAMAL VI SAMBUT KEDATANGAN DUA KAPAL PERANG ANGKATAN LAUT AUSTRALIA



Makassar (MI) : Personel Lantamal VI menyambut kedatangan Kapal Perang Australia HMAS Maryborough dan HMAS Huon di pelabuhan Hatta Makassar. Penyambutan ditandai dengan suguhan tarian tradisional Makassar dan pengalungan bunga oleh Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Jan R.H. Simamora, S.E. kepada Komandan Kapal Perang Australia HMAS Maryborough dan Komandan Kapal Perang Australia HMAS Huon.
Kapal Perang Australia HMAS Maryborough yang dikomandani oleh Lieutenant Commander Steven Woodman dan Kapal Perang Australia HMAS Huon Lieutenant Commander Jace Hutchison ini, akan berada di Makassar selama empat hari mulai tanggal 7 sampai 10 April 2013.
Kapal perang ini singgah di Makassar dalam rangka muhibah dan melaksanakan bekal ulang logistik. Maksud dan tujuan kunjungan muhibah ini adalah untuk mempererat hubungan antara kedua negara khususnya hubungan antara TNI AL dengan Angkatan Laut Australia yang sudah berlangsung baik sejak lama.
Setelah sandar di Dermaga Peti kemas Hatta, rombongan Komandan Kapal Perang Australia HMAS Maryborough dan Kapal Perang Australia HMAS Huon, yang didampingi oleh Atase Pertahanan Australia untuk Indonesia Captain CSC RAN Katja Bizilj, akan melaksanakan kunjungan kehormatan ke Lantamal VI. Rencananya akan diterima oleh Komandan Lantamal VI Brigadir Jenderal TNI Marinir M. Suwandi Thahir. Dalam kunjungan kehormapatn tersebut juga akan dilaksanaan pertukaran cendera mata antara Lantamal VI dan Angkatan Laut Australia.
Selain itu, selama berada di Makassar, beberapa kegiatan akan dilaksanakan antara lain melaksanakan bakti sosial di TK Hang Tuah, olah raga bersama dengan personel Lantamal VI, kunjungan ke Rumah Sakit TNI AL Jalaammari, dan open ship/coctail party dengan Muspidah dan pejabat militer, serta kunjungan silaturahmi ke Pemerintah Kota Makassar. Selain itu juga akan melaksanakan kunjungan ke beberapa tempat wisata yang ada di Sulawesi Selatan diantaranya Benteng Roterdam, Benteng somba Opu di Kabupaten Gowa, serta pesiar ke kawasan penjualan emas di Jalan Somba Opu Makassar.
Diharapkan dari kunjungan ini, selain mempererat hubungan antara kedua negara, khususnya hubungan antara TNI AL dengan Angkatan Laut Australia, juga sebagai ajang promosi wisata yang ada di Sulawesi Selatan sebagaimana program yang dicanangkan oleh pemerintah kota Makassar.
Kedua Kapal Perang Australia ini rencananya akan meninggalkan Makassar hari Rabu tanggal 10 April 2013.
Turut hadir dalam penyambutan ini, Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Jan R.H. Simamora, S.E., para Asisten Danlantamal VI, Atase pertahanan Australia untuk Indonesia, pejabat teras Lantamal VI, dan Para undangan dari TNI AD, TNI AU, serta Muspida Provinsi Sulsel.



Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment