Tuesday, April 9, 2013

HUT TNI AU ke-67 Suguhkan Atraksi Spektakuler


JAKARTA (MI) : Suasana perayaan HUT ke-67 TNI AU di Lapangan Timur Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (9//4) berlangsung meriah. Di awali dengan upacara sekira pukul 08.00 WIB dan dilanjutkan dengan atraksi Drum Band AAU yang membuka beragam atraksi yang spektakuler.  Yang paling menarik adalah atraksi anti teror oleh Paskhas, pasukan elit TNI AU sekira 70 prajurit.


Ada 20 prajurit diterjunkan dari pesawat Hercules. Dan dengan menggunakan parasut, mereka harus mendarat tepat di atas perahu karet yang ditaruh di lapangan. Saat mendarat, langsung terdengar ledakan keras di sekitar tempat mendarat.

"Pasukan detasemen ini biasa digunakan untuk penyerangan anti teroris yang digunaan TNI AU," beber Kasubdit Penum TNI AU Kolonel Agung Sasongko Jati.


Ia mengatakan, simulasi ini berfungsi untuk melumpuhkan teroris di daerah atau pulau kecil. Dan dalam atraksi yang menyuguhkan aksi tembak menembak, pasukan datasemen hanya memerlukan waktu 15 menit untuk melumpuhkan lawan.

"Mereka dilatih untuk bisa cepat menemukan target dan melumpuhkannya. Biasanya digunakan untuk penghadangan di daerah maritim, darat dan udara. Tadi itu kombinasi serangan ketiganya," ucap Agung.


Selesai atraksi anti teror, langsung dilanjutkan dengan atraksi empat pesawat pegasus.  Empat pesawat ini melakukan manuver-manuver ekstrim yang membuat ribuan masyarakat yang menyaksikan tercengang sambil teriak dan memberikan tepuk tangan.

Atraksi yang dilakukan seperti Pegasus Wing Jump yakni pesawat menukik tajam ke atas; Pegasus Kiss yaitu empat pesawat Pegasus yang saling berhadapan seolah-olah mereka saling berciuman dan terakhir atraksi Pegasus Pusaran Angin.


Hadir dalam acara ini Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Wakapolri Irjen Nanan Sukarna dan KSAL Laksamana Marsetyo.






Sumber : JPNN

No comments:

Post a Comment