Monday, April 8, 2013

Badan Pengawas Nuklir AS Kunjungi Indonesia



JAKARTA (MI) : Pimpinan Badan Pengawas Energi Nuklir Amerika Serikat (US Nuclear Regulatory Commision-NRC), William D Magwood, melakukan kunjungan kerja ke Indonesia untuk melakukan pertemuan dengan pejabat terkait.
"Saya akan melakukan pertemuan dengan Menteri Riset dan Teknologi, Kepala Batan dan kepala Bapeten," kata Magwood di kantor Bapeten, Jakarta, Senin.
Magwood menjelaskan pertemuan dengan kepala Bapeten dalam rangka meningkatkan kerjasama Bapeten dengan US-NRC. "Kerjasama ini telah dirintis sejak tahun 2002 dan akan terus kita tingkatkan," katanya.
Di samping itu, dia mengaku akan berbicara pada seminar "Keselamatan dan Pengawasan Tenaga Nuklir". Dia juga akan melakukan kunjungan kerja pada beberapa fasilitas dan instalasi nuklir setempat.
Dia mengharapkan kunjungan kerjanya akan saling memberikan dampak positif bagi negara masing-masing dalam rangka pengawasan energi nuklir.
Sementara Kepala Bapeten AS, Natio Lasman, mengatakan kunjungan Magwood diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas bagi masyarakat Indonesia.
"Diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana pihak US-NRC melakukan pengawasan terhadap pengoperasian PLTN dan pengelolaan limbah radioaktif yang aman dan selamat," katanya.


Sumber : REPUBLIKA

No comments:

Post a Comment