Sabtu, 11 April 2015

Presiden Tiongkok akan hadiri peringatan Konferensi Asia Afrika


Jakarta (MI) : Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Indonesia Xie Feng mengatakan kehadiran Presiden RRT Xi Jinping di Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA) menunjukkan dukungan politik Tiongkok kepada Indonesia

"Kehadiran Presiden Xi Jinping di Peringatan KAA merupakan wujud dukungan politik kami kepada Indonesia," kata Duta Besar Xie dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) di Jakarta, Jumat.

"Tiongkok dan Indonesia adalah sahabat baik, dengan hubungan yang saat ini lebih kuat dari yang sebelum-sebelumnya," tambahnya.

Dalam Peringatan KAA dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika nanti, kata Xie, Tiongkok akan mempresentasikan mengenai proposal tentang hubungan kerja sama negara Asia-Afrika di masa mendatang, sekaligus posisi Tiongkok sendiri dalam hubungan tersebut.

Duta Besar Xie juga mengharapkan munculnya pemahaman baru tentang Semangat Bandung dalam Peringatan KAA. Menurut dia, Semangat Bandung telah menjadi salah satu peristiwa penting bagi diplomasi Tiongkok.

"Semangat Bandung ke depannya harus memperkuat dialog dan kerja sama, juga hubungan ekonomi. Napak tilas KAA bukan hanya sekadar peringatan, namun juga sebuah janji untuk kerja sama Asia-Afrika," katanya.

Presiden Tiongkok Xi Jinping direncanakan akan hadir dalam Peringatan KAA dan KTT Asia Afrika pada 19-24 April 2015. Kementerian Luar Negeri juga telah mengatakan kemungkinan pertemuan bilateral Presiden Xi dengan Presiden Joko Widodo di sela-sela konferensi.










Sumber : ANTARA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar