Rabu, 25 Februari 2015

Latihan Pertahanan Udara TNI AU Perlihatkan Rudal Kiwi III

Latihan Pertahanan Udara TNI AU Perlihatkan Rudal Kiwi III

TARAKAN (MI) : Dalam menggelar simulasi latihan Pertahanan Udara Nasional (Hanudnas), TNI AU memperlihatkan sebuah senjata Kiwi III buatan China. Senjata Kiwi yang bentuknya mirip rudal ini dibawa seorang anggota TNI AU. Kemapuan senjata kiwi dapat meledakan atau pun menghancurkan pesawat.

Letkol Datasemen Lanud 472 Paskhas Wing II Makassar, Iwan setiawan mengungkapan, senjata kiwi III dapat mendeteksi objek asing yang masuk di wilayah Indonesia dengan kemampuan 5 hingga 7 kilometer.
"Dalam mendeteksi objek asing ini dibantu dengan radar yaitu smart hunter. Smart hunter berfungsi untuk mendeteksi apabila ada sasaran dengan jarak 35 kilometer. Setelah dideteksi oleh radar smart hunter akan ditransfer ke penembak rudal kiwi yang gdidalam rudal ini ada mikro displaynya, sehingga jarak ketinggian sudah dapat terlihat," ucapnya.

Dikatakan, Iwan Setiawan, dalam mengoperasikan rudal kiwi III, anggota TNI AU harus terlebih dahulu dilatih cara penggunaanya. Untuk mengetahui cara penggunaan ini, TNI AU melakukan latihan di China selama satu bulan.

"Yang dapat menggunakan rudal kiwi III ini ada empat datasemen Lanud. Yaitu Lanud 471 di Jakarta, 472 Makassar, 473 di Pontianak, 474 di Jogjakarta. Mereka ini semuanya telah mengikuti pelatihan maintance dan pengoperasiannya," ujarnya.
Sumber :  TRIBUNKALTIM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar