Senin, 23 Februari 2015

Angkatan Laut Singapura dan TNI AL Siapkan Latihan Bersama Counter-Piracy di Selat Malaka



Jakarta (MI) : Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Senin (23/2), menerima kunjungan kehormatan  Singapore Chief of Navy RADM Lai Chung Han di Kantor Kemhan, Jakarta. Kedatangannya menemui Menhan merupakan bagian dari rangkaian kunjungan sebagai tamu Kasal Laksamana TNI Ade Supandi yang turut mendampingi pertemuan dengan Menhan ini.

Dalam pertemuan ini dijelaskan oleh Kasal Singapura bahwa hasil dari pembicaraan Menhan Ryamizard Ryacudu dengan Menhan Singapura saat kunjungan ke Singapura awal bulan Februari ini telah ditindaklanjuti oleh Angkatan Laut kedua negara. Pihak TNI AL dan Angkatan Laut Singapura tengah mempersiapkan latihan bersama counter-piracy (konter perompakan) angkatan laut kedua negara di Selat Malaka dan Laut China Selatan seperti usulan Menhan.

Dalam pertemuan sebelumnya dengan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kasal Singapura juga menjelaskan bahwa Panglima mendukung upaya kedua angkatan laut untuk berinovasi dalam meningkatkan kegiatan bersama dalam upaya memperkuat hubungan militer kedua negara. Kepala Staf Angkatan laut kedua negara bersyukur atas dukungan penuh Menhan atas peningkatan kegiatan bersama angkatan laut kedua negara.

Menhan menyambut gembira rencana kegiatan bersama dalam upaya penanggulangan perompakan di Selat Malaka dan patroli bersama di Laut China Selatan. Karena menurutnya perompak harus dengan tegas diberi peringatan agar dapat memberikan efek jera. Karena perompakan adalah salah satu bentuk gangguan keamanan yang nyata yang harus segera ditindak. Terwujudnya keamanan di Selat Malaka dan Laut China Selatan dapat berimbas pada stabilitas keamanan maritim di Kawasan.







Sumber : DMC Kemhan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar