Jumat, 27 Februari 2015

Menteri Andrinof Blusukan Cek Pesawat N219 Made in Bandung




Bandung (MI)Menteri PPN/Kepala Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas), Andrinof Chaniagoberkunjung ke pabrik PT Dirgantara Indonesia (PTDI), di Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/2/2015). 


Andrinof ingin melihat langsung perkembangan sejumlah proyek yang dikerjakan oleh PTDI khususnya proyek pembuatan N219. Pesawat 19 penumpang yang didesain dan dirancang 100% oleh putra-putra Indonesia ini, proses pengerjaan prototipenya sudah 90%.


"Saya ingin melihat perkembangan terakhir dari kegiatan-kegiatan di PT DI. Perkembangannya, ada masuknya teknologi baru, mesin baru," ujar Andrinof.


Proyek N219 ini merupakan kerjasama PT DI dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dimana LAPAN berperan dalam tahap riset dan pengujian sementara PT DI mengerjakan pembuatan prototipenya.


"Saya lihat proyek ini sudah sesuai dengan rencana. N219 ini memberikan harapan besar untuk sukses, momentumnya harus dijaga," katanya.


Menteri Andrinof melihat skema-skema yang bisa dikerjakan dalam bentuk kerjasama. "Kita akan lihat mana yang pakai dengan skema dengan swasta, mana yang pemerintah. Termasuk untuk promosi juga harus tingkatkan bersama. Karena kita ini potensi sudah punya," tutur Andrinof.


Direktur Teknologi dan Pengembangan PTDI Andi Alisjahbana dalam kesempatan tersebut juga mengatakan kesiapan PTDI untuk menunjukkan prototipe (roll out) N219 pada Agustus 2015.


Seperti disampaikan Dirut PTDI Budi Santoso akhir Januari lalu, disebutkan bahwa prototipe N219 saat ini sudah mencapai 90%.


N219 merupakan pesawat yang mulai dirancang sejak 2007 lalu, Pesawat ini dibuat dengan kapasitas 19 orang dan memiliki kelebihan bisa lepas landas dalam jarak pendek sehingga cocok untuk daerah-daerah terpencil, termasuk di Indonesia.










Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar