Sabtu, 25 Oktober 2014

Latihan Gabungan Penanggulangan Pembajakan Kapal di Area PT Freeport Indonesia


Jayapura (MI) : “Mayday…mayday…Danton Satgas Lanal disini AOR#1, melaporkan telah terjadi pembajakan kapal MV Marina Star 3 di Dermaga Cargodock oleh 6 pembajak, Captain dan ABK kapal telah disandera, mohon bantuan tim untuk membebaskan sandera”, “AOR#1 disini Danton Satgas Lanal, laporan diterima, kami akan segera meluncur ke dermaga”.

Demikian laporan dari Kepala Security Area Of Responsibility (AOR)#1 di area pelabuhan Cargodock dan Portsite, wilayah kontrak karya PT FI kepada Danton Satuan Tugas Pengamanan Objek Vital Nasional (Satgas Pam Obvitnas) Lanal Timika. Kemudian Satgas Lanal Timika melaporkan kepada Komandan Lanal Timika dan segera memerintahkan untuk mengirimkan 1 tim  yang dipimpin oleh Danton Satgas Lanal, Letda Laut (S) Didit Yuswandi menuju area pelabuhan Cargodock dan langsung menuju kapal MV Marina Star 3 untuk membebaskan para sandera.

Situasi di atas adalah cuplikan dari latihan Penanggulangan Pembajakan Kapal yang diselenggarakan oleh Security AOR#1 PTFI bekerja sama dengan Lanal Timika, Satpolairud Polres Mimika dan Kantor Pelabuhan Amamapare Timika yang dilaksanakan pada hari Selasa, 21 Oktober 2014. Latihan tersebut dilaksanakan dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan security AOR#1 dalam penanganan pembajakan kapal dan pengamanan area pelabuhan serta menjalin koordinasi dengan Satgas Lanal Timika, Polairud, Kantor Pelabuhan Amamapare, ERG (Emergency Response Group) PTFI,  dan Manajemen KPI (Kuala Pelabuhan Indonesia) sesuai standar yang dijelaskan pada ISPS code ( International Code for the Security Ships and Port Facilities) dan tujuan latihan adalah dalam rangka familiarisasi  aturan yang tertuang dalam ISPS Code pada Manajemen Pelabuhan Cargodock dan Portsite serta Security AOR#1 PTFI.

Bertindak selaku pembina latihan adalah Komandan Lanal Timika, Letkol Laut (P) Mulyadi, S.E. dan Kepala Kantor Pelabuhan Amamapare Capt. Roni Fahmi. Pemimpin Latihan sekaligus PFSO (Port Facility and Security Officer) adalah Bpk. Bambang Prakoso dari KPI serta Koordinator Latihan sekaligus Deputy PFSO adalah Kepala Security AOR#1 PTFI, Bpk Yahuda Edowai yang memiliki akses kepada Satgas TNI/Polri. Latihan tersebut dapat berjalan lancar dan aman, para pembajak dapat dilumpuhkan serta para sandera dapat diselamatkan dan dievakuasi. 










Sumber : TNI AL

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar