Thursday, October 23, 2014

Cerita Pilot Sukhoi TNI AU Skuadron Makassar Paksa Pesawat Asing Mendarat


MANADO (MI) : Empat pria anggota TNI AU sukses memaksa pesawat asing mendarat di Pangkalan Udara Sam Ratulangi Manado, Rabu (22/10).
Mereka adalah Mayor Pnb Wanda Surijohansyah, Kapten Pnb Fauzi, Mayor Pnb David Ali, Lettu Pnb Idriz, yang merupakan pilot pesawat tempur Sukhoi TNI-AU Skadron Udara XI Makassar.


Mereka lega sekaligus bangga mampu menyelesaikan misi. Mereka sempat terbang sangat dekat dengan pesawat asing itu dan bersyukur karena Pilot Cessna Beech Craft Baron C55, Kapten Jacklin Grame Paul bersedia menyerah dan menurut.


"Di udara kami sangat dekat. Bersyukur mereka mau menyerah, kalau tidak bisa saja kami tembak. Kami bawa senjata," ungkap Mayor (Pnb) Wanda Surijohansyah.

Keempat pria yang tampak ceria ini menjelaskan kepada wartawan bagaimana suasana saat berada dalam Sukhoi TNI-AU.


Sukhoi yang memiliki batas jarak bahan bakar, mereka harus pandai memprediksi di koordinat mana pesawat asing tersebut akan diintersep atau dihadang.

"Karena jika kami salah jalur, maka kemungkinan peluang mendapatkan lawan kecil. Soalnya pesawat tidak bisa berhenti," ungkap Wanda lalu tersenyum saat ditemui Tribun Manado di rumah makan yang tak jauh dari pemeriksaan orang asing yang ditangkap mereka.


Kemudian, saat bertemu pesawat asing itu, mereka berkomunikasi dengan awak pesawat asing berjenis Cessna Beech Craft C55, Jacklin dan Mclean.

Karena, kalau tidak menurut, sesuai prosedur, pesawat asing akan ditembak. Selain itu, Manado merupakan pangkalan udara terakhir yang akan dilintasi mereka.


Dua Sukhoi ini pun kawal pesawat kecil tersebut selama 30 menit tiba di Bandara Sam Ratulangi.
Sebelumnya, Wanda bersama rekan-rekan kesulitan karena kehilangan komunikasi dengan markasnya di Makassar.

"Untung saja saat mencoba berkomunikasi dengan pangkalan udara di Manado, cepat ditanggapi," ungkap Wanda penuh bangga.

Saat berkomunikasi dengan Jacklin dan Mclean di udara dan menerima perintah untuk turun, suasana pun menjadi cair. Saat landing di bandara, Wanda mengaku merasa seakan berjabat tangan dengan mereka.














Sumber :  Tribunnews

No comments:

Post a Comment