Tuesday, November 5, 2013

Ini Perbedaan Pasukan Perdamaian Polri dengan TNI


BANTEN (MI) : Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sama-sama memiliki pasukan perdamaian yang kerap dikirim ke Luar Negeri untuk membantu misi kemanusiaan PBB. 

Namun, ada beberapa perbedaan antara pasukan penjaga perdamaian yang dimiliki Polri dengan TNI. "Militer yakni TNI juga dikirim ke Sudan. Tapi, tugas Polri beda dengan mereka (TNI). Kami bertugas menjaga perdamaian, tapi dengan fungsi dan tugas kepolisian yakni menjaga dan melindungi rakyat yang ada di sana," ungkap Kapolri Jenderal Sutarman, di Pantai Tanjung Pasir, Teluk Naga, Tangerang, Banten, Selasa (5/11/2013).

Selain itu, penjaga perdamaian Polri yang dinamai Formed Police Unit (FPU) juga bertugas melindungi pengungsian dan mengembalikan agar hukum bisa berjalan dengan normal. "Jadi tugas Polri dan TNI berbeda. Kalau TNI bertugas memberi bantuan militer," jelasnya. 

Sutarman menambahkan, pasukan FPU 6 yang baru melakukan pembaretan rencanamya akan diberangkatkan 26 November 2013. Sebelum diberangkatkan, pasukan berjumlah 140 orang itu sudah menjalani latihan intens selama dua bulan.

"Oleh karenanya kita harus menyiapkan secara baik karena negara yang akan dituju adalah baru bagi mereka. Kita melakukan pelatihan dari kemampuan bahasa, kemampuan fisik, kemampuan taktik dan teknis yang akan dibutuhkan untuk melindungi masyarakat yang ada di sana," paparnya. 

FPU 6 juga menyiapkan peralatan yang lengkap mulai dari alat komunikasi, alat masak, persenjataan dan alat-alat lain termasuk alat perorangan dalam rangka perlindungan diri. "Mereka dikirim bukan hanya memberikan perlindungan dan pelayanan. Kita juga memiliki bertugas mengembalikan keaadaan masyarakat pada keadaan damai dan mengembalikan negara dalam posisi normal, hukum bisa ditegakan, konflik bisa dihilangkan dan sistem pemerintahan bisa berjalan dengan baik," tutup Sutarman.





Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment