Tuesday, November 5, 2013

Indonesia Kirim Pasukan Perdamaian ke Sudan


Tangerang (MI) : Kepolisian Republik Indonesia tengah menyiapkan pasukan yang akan dikirim ke Darfur, Sudan. Pasukan yang terdiri dari 140 personel tersebut tergabung dalam Form Police Unit VI (FPU VI), yang bertugas sebagai misi penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa di Sudan.

"Ini bagian dari misi PBB untuk menyelesaikan konflik internal di suatu negara," kata Kasiop Satgas FPU Indonesia VI AKP Ketut Yoga Saputra saat atraksi keterampilan Satgas FPU VI di Teluk Naga, Tangerang, Selasa, 5 November 2013. Satuan petugas FPU Indonesia VI akan diberangkatkan ke Darfur pada 26 November 2013.

Atraksi keterampilan ini juga disaksikan Kapolri Jenderal Sutarman, yang sekaligus melakukan pembaretan Satgas FPU VI. Sebanyak 140 personel ini telah mengikuti pelatihan selama tiga bulan, mulai dari Agustus 2013 lalu di Pangkalan TNI AL Tanjung Pasir, Teluk Naga, Tangerang.

Satgas ini, kata Ketut, mengemban empat misi: memelihara keamanan dan ketertiban, melindungi personel dan fasilitas Perserikatan Bangsa-Bangsa, mlindungi pengungsi Internal Displace Person Camp, serta melindungi bantuan kemanusiaan PBB.

Ketut menyampaikan pasukan ini terbagi dalam lim tim, di antaranya tim Alfa, Bravo, Charli, dan Delta, yang bertugas untuk berpatroli, pengamanan, serta penjemputan tamu VIP di Darfur, serta staf yang bertugas untuk menyiapkan segala peralatan dan kebutuhan logistik pasukan FPU VI.




Sumber : TEMPO

No comments:

Post a Comment