Wednesday, June 5, 2013

TNI & US Army Lakukan Simulasi Gempa di Sumatera

TNI & US Army Lakukan Simulasi Gempa di Sumatera

Sentul (MI) : Gempa dengan kekuatan 9,8 Skala Richter mengguncang kepulauan Sumatera, pusat gempa terletak di sekitar 15 km sebelah barat daya dari Pulau Siberut, pada kedalaman 10 kilometer. 

Gempa bumi dengan kekuatan besar tersebut dirasakan sangat kuat di beberapa wilayah pesisir Sumatera Barat, seperti Bengkulu, Sibolga, dan pantai barat Aceh. Dampak yang paling parah ditimbulkan adalah di daerah pantai barat, Sumatera Barat, dan kepulauan Mentawai.

Berdasarkan laporan pusat operasional di Padang dan Sumatera Barat, kerusakan berat terjadi di sepanjang pantai dan dilaporkan telah terjadi kebakaran di beberapa titik. Sampai saat ini dilaporkan saluran komunikasi telepon dan listrik mengalami gangguan serius, sehingga menyebabkan sulitnya berkomunikasi dengan daerah yang mengalami bencana.

Sesaat setelah terjadi gempa maha dahsyat tersebut, gelombang pertama Tsunami menghantam kepulauan Mentawai. Pada 35 menit setelah terjadinya gempa, gelombang Tsunami bergerak dengan cepat dengan ketinggian hingga 10 meter menghantam Kota Padang hingga ke arah darat dengan jarak 2sampai dengan 5 kilometer dari pantai.

Kejadian di atas hanyalah gambaran skenario yang disimulasikan dalam Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan United States Army Pasific Command (USARPAC) Pacific Resilience Disaster Response Exercise and Exchange (PR DREE) di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Sentul Bogor Jawa Barat selama 4 hari sejak 3 hingga 6 Juni 2013.

PR DREE adalah latihan bersama antara TNI dengan USARPAC yang diselenggarakan setiap tahun dalam bidang penanggulangan bencana. Tujuan digelarnya latihan ini untuk meningkatkan kerjasama, komunikasi, praktik di lapangan dan pembelajaran dari pengalaman, pengembangan rencana operasi terpadu serta latihan skenario tanggap darurat pada tingkat operasional dan taktis. 

Selain itu juga untuk meningkatkan kerjasama operasi sipil dan militer di bidang penanggulangan bencana, khususnya antara TNI, Kementrian/Lembaga seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan USARPAC, sekaligus untuk mempererat persahabatan kedua negara.

Namun yang terpenting diselenggarakannya latihan ini adalah, pertama untuk melatih personil TNI yang tergabung dalam Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC PB) Wilayah Barat dalam hal merencanakan dan melaksanakan operasi sipil-militer bantuan asing dalam rangka penanggulangan bencana. 

Kedua, untuk membekali dan mempersiapkan personil SRC PB Wilayah Barat dengan kemampuan teknis sesuai bidang agar dapat melaksanakan tugas-tugas operasi penanggulangan bencana pada masa mendatang dalam bentuk gladi lapang.

Ketiga, untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam khususnya di Wilayah Indonesia.




Sumber : liputan6

No comments:

Post a Comment