Wednesday, June 5, 2013

TNI AU dan US Air Force Latihan Bersama di Bandung


Bandung (MI) : TNI AU bersama Angkatan Udara Amerika Serikat (United Stade Air Force/USAF) menggelar latihan Teak Iron di Pangkalan Udara Husein Sastranegara pada 4-19 Juni 2013. Latihan bersama ini diikuti 100 anggota Paskhas TNI AU dan 156 orang anggota Skuadron 353 USAF.

Upacara pembukaan Joint Exercise Teak Iron-13 TNI AU-353 rd SOG berlangsung di Wisma Sompil Lanud Husein Sastranegara, Rabu (5/6/2013). Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Pabandya Latgab Paban III Lat SOP AU
Letkol Pnb Dedy Susanto. Sementara dari USAF yaitu Mayor Jared Floyd.

"Maksud dari digelarnya latihan bersama ini adalah sebagai bentuk persahabatan angkatan udara dua negara. Supaya bisa sharing ilmu dan teknik," ujar Dedy pada wartawan saat ditemui usai upacara.

Personil mengikuti latihan ini meliputi seluruh air crew mulai dari pilot, navigator, load master hingga enginer. Pada latihan bersama ini mempraktikkan berbagai teknik penerjunan seperti penerjunan orang, barang (bantuan), penerjunan terbang rendah serta tinggi, dan terbang malam.

"Banyak yang akan dipelajari pada latihan ini. Pasukan kita memiliki kemampuan, namun ada perkembangan teknologi persenjataan sehingga perlu untuk mengetahui bagaimana teknik pertempuran dan penerjunan mereka. Bagaimana menghindari serangan, penerjunan pasukan," jelasnya.

Sistem persenjataan, teknologi navigasi dan teknik penerjunan lainnya bakal dipelajari juga dalam latihan. Ada tiga pesawat Hercules yang digunakan sewaktu latihan bersama yaitu dua Hercules tipe MC130 milik USAF dan satu Hercules tipe C130B/H milik TNI AU.

"Nantinya pasukan berangkat dari Lanud Husein Sastranegara kemudian melakukan penerjunan di Lanud Sulaeman," kata Dedy.

Pembiayaan latihan bersama, sambung Dedy, berasal dari alokasi masing-masing negara. Sewaktu pembukaan tadi secara simbolis dilakukan penyematan tanda latihan pada masing-masing perwakilan angkatan udara.




Sumber : Detik Bandung

No comments:

Post a Comment