Thursday, June 20, 2013

Asap Indonesia Kalahkan Militer Singapura

Asap yang memenuhi Singapura (Foto: The Straits Times)

SINGAPURA (MI) : Asap dari kebakaran hutan Indonesia yang kini menutupi Singapura, dinilai lebih buruk dibandingkan 1997 silam. Kualitas udara di Singapura saat ini dikabarkan hampir menyentuh level membahayakan kesehatan.

Menurut The Straits Times, Indeks Standar Polusi (PSI) tercatat mencapai 170 hingga pukul 2.00 siang waktu setempat. Kualitas udara dianggap membahayakan bisa PSI tercatat melewati 200.

"Asap yang memenuhi langit Singapura, diperkirakan akan bertahan hingga beberapa hari ke depan. Ini disebabkan oleh kebakaran yang terjadi di Sumatera, Indonesia," ujar Biro Lingkungan Nasional Singapura, seperti dikutip The Straits Times, Rabu (19/6/2013).

Menurut Menteri Lingkungan Singapura Vivian Balakrishnan, warga Singapura saat ini merasa marah, frustrasi dan stres dengan kondisi udara yang mereka hadapi. Sebelumnya, Balakrishnan dan Menlu K. Shanmugam sudah berbicara dengan Pemerintah Indonesia mendesak tindakan keras terhadap perusahaan yang melakukan pembakaran secara ilegal.

Balakrishnan mengaku ada laporan bahwa perusahaan Singapura yang terlibat dalam pembakaran hutan itu. Dirinya akan menghukum perusahaan tersebut bila ada bukti mengenai laporan tersebut.

"Saya sudah berbicara dengan pihak Indonesia dan saya mengatakan, bila ada bukti mengenai nama perusahaan itu, maka kami akan mengambil tindakan terhadap mereka," tegas Balakrishnan.

Pemerintah Singapura meminta warganya untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Saran itu khususnya untuk anak-anak, lansia dan warga yang memiliki maslaah pernafasan.

Buruknya kualitas udara yang melanda Singapura menyebabkan lembaga seperti militer dan Kementerian Dalam Negeri Singapura mengurangi kegiatan di luar ruang. Mereka juga mengurangi latihan demi mencegah ancaman terhadap kesehatan.





Sumber : Okezone

7 comments:

  1. hhhhhhhhh makanya singapura jangan sok belagu, baru dikirim asap, dah klepek klepek, konglomerat hitam indonesia di sembunyikan, batas wilayah se enak e dewe

    ReplyDelete
  2. Ini mrpk pilihan dr fihak militer utk dpt digunakan sbg strategi perang modern, dampaknya sangat mempengaruhi kegiatan dr ketiga negara yaitu malaysia, singapura dan indonesia juga khususnya didaerah yg berdekatan kebakaran yitu riau sekitarnya. Itulah ulah orang singapura yg punya perusahaan yg membakar lahannya jadi jangan salah kan Indonesia. He...he....senjata makan tuan

    ReplyDelete
  3. jgn koruptornya saja mau, tapi giliaran asapnya marah2 :-)

    ReplyDelete
  4. jangan ke sing minggu2 ini, lagi ada fogging

    ReplyDelete
  5. seperti strategi perang Sun Tzu.......

    ReplyDelete
  6. SMOKE buatan Indonesia paling mematikan kwkwkwk sekalian aja AMERIKA , ISRAEL dikasih asap ini biar dead

    ReplyDelete
  7. saya suka saya suka saya suka.......wkwkwkwkwkwkwkwkk

    ReplyDelete