Wednesday, June 19, 2013

Indonesia-PNG Sepakat Kembangkan Area Perbatasan

Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

JAKARTA (MI) : Pemerintah Indonesia dan Papua Nugini (PNG) sepakat bekerja sama mengembangkan perbatasan. Bentuk kerja sama itu di antaranya, eksplorasi minyak bumi dan gas (migas), pertambangan, dan transportasi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengatakan ada 11 MoU yang diteken kedua belah negara. ‘’Ini akan mengubah peta hubungan Indonesia dan PNG,’’ Kata dia pada acara Kunjungan Delegasi Bisnis PNG, di Jakarta, Selasa (18/6) siang.

Terdapat berbagai kerja sama di sejumlah bidang, di bidang ESDM, kata Jero, mulai dari studi eksplorasi di perbatasan hingga ketenagalistrikan. 

Lalu bidang nonenergi ada penerbangan dari PNG ke Indonesia. Hal ini mempermudah masing – masing pihak untuk saling berkunjung.

Menurut studi geologi, perbatasan Indonesia-PNG mengandung banyak sekali sumber energi dan mineral. Alam lebih mempermudah eksplorasi ketika kedua belah negara yang berbatasan bekerja sama. Konflik-konflik kecil di sekitar perbatasan pun bisa diminimalisir.





Sumber : REPUBLIKA

3 comments:

  1. masyarakat di perbatasan hrs dibikin makmur, shg nasionalisme makin kuat. wilayah perbatasan adalah etalase NKRI yg hrs tampil cantik, tp didukung dgn pertahanan dan ketahanan yg kuat. pemanfaatan sumber daya alam dan kehadiran anggota TNI/ Polri dlm jumlah besar di wilayah perbatasan pasti mampu menggerakkan roda ekonomi wilayah tsb....

    ReplyDelete
  2. Kalau perbatasan antara Indonesia dg Papua New Gunea, toko2 diwilayah NKRI sangat berkembang dan sangat menjanjikan utk dibuka tempat perbelanjaan. Siapa yg mau inves pasti untung besar...........................................

    ReplyDelete
  3. pengusaha besar seperti bakri, hari tano dll.....seharusnya jangan ngurusi politik...harusnya dimasa tuanya mereka mengikuti jejak Tahir mengembangkan ekonomi kerakyatan membangun bangsa dengan kekayaannya dg cara nyata.... mngkn mereka akan lbh berguna dan lbh dihormati jika mau bantu bangun perbatasan... ngurusi Lapindo saja gak mampu bagaimana mau ngurusi indonesia... rakyat skrg maniak gadget haus info melihat bukti bukan janji... buktinya lapindo tuntaskah??? simpel cara berpikir rakyat

    ReplyDelete