Thursday, June 20, 2013

Kolaborasi Kesenian Indobatt Guncang Beirut

kesenian indobatt 2

Lebanon (MI) : Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-G/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) atau Indobatt (Indonesian Battalion) dalam misi perdamaian PBB di Lebanon tidak hanya melaksanakan tugas sebagai peackeepers, namun berkesempatan juga sebagai duta budaya di Lebanon dengan tujuan selain untuk lebih mengenalkan tentang Indonesia, kegiatan ini juga bisa digunakan sebagai kegiatan CIMIC (Civil-Military Coordination) dengan masyarakat Lebanon terutama untuk merebut simpatinya. Salah satu dari misi budaya yang dilaksanakan adalah dengan menampilkan kolaborasi Tari Pendet, Tari Wira Pertiwi dan Reog Ponorogo dalam acara “Nations Day” yang dilaksanakan di Zaituna Bay Beirut, beberapa waktu lalu.  

Serka Desy Arianti yang membawakan Tari Pendet dan Serka Basriani yang membawakan Tari Wira Pertiwi berkolaborasi dengan Reog Ponorogo yang dibawakan oleh personil Kompi Bravo asuhan Dankimek Bravo Kapten Mar Adid Kurniawan tampil live diliput oleh Lebanese Broadcasting Corporation (LBC) dan disaksikan oleh seluruh pengunjung yang memadati stand-stand budaya dari berbagai negara yang memiliki perwakilan negaranya di Lebanon.

kesenian indobatt 1 Desy Kowal 202634

Bapak Duta Besar LBBP RI untuk Lebanon Bapak Dimas Samodra Rum didampingi istri yang juga menyaksikan penampilan budaya tersebut sangat bangga dengan penampilan prajurit Indobatt karena bisa berpartisipasi memeriahkan Nations Day. “Mereka tidak hanya mampu bertugas sebagai peacekeepers dengan baik, namun mampu juga sebagai duta budaya Indonesia”, kata Pak Dubes. Apalagi KBRI juga membuka stand dan menampilkan produk-produk unggulan dan promosi pariwisata Indonesia. Besar harapan dari Pak Dubes, dengan penampilan kolaborasi kesenian prajurit Indobatt ini akan semakin memberikan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Hal ini tentu akan mendukung program Pemerintah RI.

Di tempat terpisah, Dansatgas Indobatt Konga XXIII-G/UNIFIL Letkol Inf Lucky Avianto yang mengirim anggotanya untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut juga merasa bangga karena prajurit asuhannya mampu bertugas dengan baik sebagai peacekeepers dan sebagai duta budaya di Lebanon. Meskipun dirinya tidak bisa melihat secara langsung karena harus memimpin pasukannya di Lebanon Selatan, namun dirinya mengirim Kasi Cimic Mayor Inf Taufik Ismail untuk memimpin Tim Kesenian Indobatt melaksanakan kegiatan Cimic di Zaituna Bay, Beirut dengan tidak lupa melengkapi Tim Keseniannya dengan perijinan ke UNIFIL sesuai dengan prosedur tetap yang ada.





Sumber : PKC-Indonesia

No comments:

Post a Comment