Sabtu, 15 November 2014

Koarmabar Gelar Operasi Rakata Jaya


Selat Sunda (MI) : Dalam rangka meningkatkan keamanan di laut, Komando Armada Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menggelar operasi keamanan laut “Rakata Jaya 2014” dengan mengerahkan berbagai jenis kapal perang di antaranya jenis Parchim, Frosch dan Fast Patrol Boat (FPB) 57 serta kapal patroli terbatas di perairan Selat Sunda dan sekitarnya.
Kapal perang yang terlibat gelar Operasi Rakata Jaya 2014 tersebut antara lain KRI Sutedi Senaputra-378 dan KRI Pati Unus-384 dari Satuan Kapal Eskorta Koarmabar. KRI Teluk Gilimanuk-531 dan KRI Teluk Celukan Bawang-532 dari Satuan Kapal Amfibi Koarmabar. Sementara itu, dari Satuan Kapal Cepat Koarmabar terdiri dari KRI Lemadang-632 dan KRI Barakuda-633 serta Satuan Patroli Terbatas Pangkalan Utama TNI-AL yaitu KRI Kobra-867.
Dalam gelar operas tersebut, unsur-unsur KRI  melaksanakan pengamanan laut di wilayah sektor yang telah ditentukan antara lain di perairan Selat Sunda, Teluk Jakarta, Teluk Cirebon, Selat Gelasa, Selat Bangka, perairan timur Lampung dan Sumatera Selatan  sampai dengan perairan Laut Jawa. Wilayah perairan tersebut merupakan jalur pelayaran Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I. Selain itu, gelar operasi ini juga untuk memberikan rasa aman bagi pengguna laut, kapal-kapal niaga baik dari dalam maupun luar negeri yang melintasi di kawasan perairan tersebut.
Operasi Rakata Jaya 2014 ini digelar secara berkesinambungan sepanjang tahun guna  mencegah sejak dini tindak  pelanggaran hukum di laut sekaligus sebagai tindakan pengamanan terhadap obyek vital di laut serta melaksanakan kegiatan search and rescue (SAR) di sektor daerah operasi apabila terjadi kecelakaan di laut. 











Sumber : Koarmabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar