Sabtu, 15 November 2014

Apa Alasan WNI Jadi Tentara Singapura?


JAKARTA (MI) : Motif dua warga negara Indonesia (WNI), yang mengikuti wajib militer di Singapura, diduga hanya karena sekadar mencari penghasilan tambahan. Pengamat menilai, hal serupa sudah terjadi berulang kali oleh WNI di negara-negara lain.

"Kalau seperti itu sebenarnya sudah banyak terjadi. Motifnya biasanya karena sekadar mencari uang saku," ujar pengamat intelijen, Wawan Purwanto, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/11/2014).
Menurut Wawan, sudah menjadi kebiasaan bagi WNI, terutama kalangan pelajar yang bersekolah di negara lain, untuk mengikuti wajib militer. Ia mengatakan, para WNI sering kali memilih mencari penghasilan tambahan dengan ikut wajib militer dibandingkan harus menjadi pelayan atau pesuruh.

Seperti diberitakan, dua WNI terbukti mengikuti wajib militer di Singapura. Keduanya diketahui menjadi bagian dari tentara Singapura saat digelar latihan gabungan Indopura, antara TNI dan militer Singapura, di Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko, saat ditemui di Mabes TNI Cilangkap, Kamis (13/11/2014), membenarkan hal itu. Meski sempat ditahan oleh TNI selama satu minggu, kedua WNI tersebut akhirnya dibebaskan dan dikembalikan ke Singapura. Pembebasan kedua WNI tersebut setelah dilakukan langkah diplomasi antara Singapura dan Indonesia.















 Sumber : KOMPAS

1 komentar: