Selasa, 23 September 2014

Kasum TNI Tinjau Kesiapan Hut TNI Yang Akan Diselenggarakan Besar-Besaran


Surabaya (MI) : TNI akan memperingati HUT ke-69 secara besar-besaran di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), bahkan yang terbesar sepanjang sejarah peringatan HUT TNI yang dihelat setiap tahun. Persiapan perhelatan akbar TNI ini ditinjau oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksamana Madya TNI Ade Supandi, S.E., Senin (22/9) di Koarmatim Ujung, Surabaya. Pada kesempatan ini, Kasum TNI didampingi Aspers Panglima TNI Laksamana Muda TNI Sugeng Darmawan, S.E., Passuspom TNI Mayjen TNI Maliki Mift, S.I.P., dan sejumlah pejabat teras TNI lainnya.
Kedatangan Kasum TNI dan rombongan diterima Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Sri Mohamad Darojatim, S.E., di Gedung Laksamana Nala Koarmatim. Turut mendampingi Pangarmatim, Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Aan Kurnia, S. Sos., Komandan Guspurlatim Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, S. Sos., M.Si., dan beberapa pejabat teras Koarmatim. Kegiatan tersebut juga dihadiri, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko, Komandan Kobangdikal Laksamana Muda TNI Widodo, S.E., M. Sc, Gubernur AAL Laksamana Muda TNI A.Taufiqoerrochman, S.E., dan pejabat teras TNI AL Surabaya lainnya.
Seusai diterima di Gedung Laksamana Nala, Kasum TNI dan rombongan dengan didampingi Pangarmatim dan pejabat lain meninjau beberapa ruangan di Gedung Laksamana Nala termasuk ruang VVIP dan VIP, Puskodal, dan sejumlah ruang lainnya yang digunakan untuk menyukseskan perhelatan kemiliteran ini. Selain meninjau ruangan, Kasum TNI juga meninjau berbagai fasilitas, sarana dan prasarana pendukung, antara lain panggung, tenda kehormatan, sound sistem,  lokasi Parade dan Defile termasuk bacground upacara, kawasan demonstrasi, serta rute pengaturan lalulintas dan parkir, marshalling Alutsista TNI, akomodasi Pasukan serta peninjauan TFG HUT TNI di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolatarmatim.
Peringatan ke-69 TNI Tahun 2014 akan digelar di Ujung Dermaga Surabaya pada tanggal 7 Oktober mendatang. Akan ada 18 ribu personel yang mengikuti perayaan HUT TNI ini. Sekitar 18 ribu personel. Baik yang upacara maupun yang ikut demonstrasi.  Dalam upacara tersebut akan ditampilkan semua Alutsista ketiga matra hasil pembangunan kekuatan TNI selama dua periode masa jabatan Presiden  RI, Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono dari tahun 2004 s.d. 2014.
Berbagai Alutsista yang akan terlibat, antara lain; kurang lebih 239 pesawat udara,  42 KRI termasuk kapal perang terbaru milik TNI AL dari jenis Multi Role Light Frigate (MRLF) dari Inggris yaitu KRI Bung Tomo-357; KRI John Lie-358; dan KRI Usman Harun-359, kurang lebih 149 Ranpur dalam berbagai jenis dan peralatan tempur yang lain serta melibatkan pasukan upacara tidak kurang dari 3.500 personel. Upacara tersebut juga akan dihadiri oleh seluruh Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Menteri Pertahanan dan Panglima Angkatan Bersenjata Negara sahabat. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.










Sumber : TNI AL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar