Rabu, 24 September 2014

Menhan Ajak Tiongkok Perangi ISIS


BEIJING (MI) : Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengajak Tiongkok untuk mengintesifkan perang terhadap terorisme, termasuk kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Keberadaan kelompok ISIS, kini telah menyusup ke Indonesia, berdasar laporan intelijen kami. Dan jika ini tidak ditangani serius, maka dapat berpengaruh terhadap keselamatan dan keutuhan kedaulatan negara Republik Indonesia," kata Purnomo, saat melakukan pertemuan dengan Menhan RRT Jenderal Chang Wanquan dalam serangkaian kunjungannya ke Tiongkok pada 21-23 September 2014.

Karena itu, tambah Purnomo, Indonesia berkeinginan dapat bertukar informasi intelijen dan komunikasi yang intensif dalam pemberantasan terorisme secara umum dengan Tiongkok, termasuk dalam kasus ISIS.

"Terlebih Indonesia dan Tiongkok telah memiliki mekanisme kerja sama antara Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT) dengan mitranya di Tiongkok," ucapnya seperti dikutip Antara.
Menhan RRT Jenderal Chang Wanquan mengatakan, pihaknya sangat setuju dengan Indonesia terkait ISIS. "Indonesia dan Tiongkok memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga stabilitas kawasan, terutama dari ancaman terorisme, dan ISIS," ujarnya.

"Karena itu, kami siap membantu, terlebih kita sudah memiliki mekanisme kerja samanya dalam hal 'sharing' informasi intelijen," kata Chang Wanquan.
Tiongkok berulang kali telah menyerukan pentingnya kebersamaan dan kerja sama internasional dalam memerangi terorisme, termasuk dengan munculnya kelompok militan ISIS.












Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar