Senin, 22 September 2014

Danlanal Mataram Uji Coba Kemampuan Sea Rider


Mataram (MI) : Salah satu tugas Pokok Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Mataram antara lain melaksanakan patroli keamanan laut dalam rangka menjamin terwujudnya situasi kondusif di perairan wilayah kerja Lanal Mataram. Untuk mengoptimalkan tugas tersebut Lanal Mataram telah mendapat dukungan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alusista) berupa Sea Rider. Guna menguji kemampuan Alutsista tersebut pada hari Jumat (19/9/2014) Komandan Lanal Mataram Kolonel Marinir Suhono bersama para Perwira Staf dan personel Lanal Mataram melaksanakan uji coba pengoperasian Sea Rider di Perairan Selat Lombok NTB.

Kegiatan uji coba tersebut dilaksanakan dengan mengelilingi Perairan Selat Lombok selama sekitar dua setengah jam dengan tingkat kecepatan dari rendah sampai kecepatan maksimal. Keunggulan Sea Rider adalah memiliki kecepatan dan kelincahan untuk mendekati sasaran, sehingga sangat cocok digunakan untuk mendukung kegiatan patroli dalam rangka mengeliminir berbagai aksi kejahatan di Laut.

Secara geografis wilayah kerja Lanal Mataram berada pada posisi yang dinilai sangat Strategis karena merupakan perairan yang ramai dilalui oleh kapal-kapal berbagai jenis baik domestik maupun asing, militer maupun sipil. Kondisi ini dimungkinkan terjadinya berbagai aksi pelanggaran di laut dan berpotensi timbulnya kerawanan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan pertahanan negara.

Oleh karena itu dukungan penambahan Alutsista yang memadai bagi Lanal Mataram merupakan upaya sangat positif dalam rangka meningkatkan eksistensi Lanal Mataram dalam menjaga keamanan perairan di wilayah NTB dari berbagai ancaman potensial dan permasalahan yang sangat kompleks meliputi antara lain gangguan keamanan laut, perompakan, penyelundupan, illegal fishing, illegal loging, illegal minning, peredaran narkoba dan pelanggaran wilayah perbatasan.

Dalam kegiatan uji coba Sea Rider tersebut turut mendampingi Komandan Lanal Mataram para Perwira Staf Lanal Mataram yaitu Plh. Palaksa Mayor Laut (T) Deni Erwiyanto, ST, Paspotmar Mayor Laut (K/W) Ni Nyoman Arya Suciati, Dandenpomal Mayor Laut (PM) Agung Djoko Suhendro, ST, Pasops Mayor Laut (P) Deddy Harliyanto, Danunit Intel Lettu Laut (P) Maman Badruzaman dan Plh. Ka Balai Kesehatan Letda Laut (K) dr. Rendi Kurniawan. Selama pelaksanaan berjalan dengan lancar dan aman.








Sumber : TNI AL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar