Selasa, 23 September 2014

7TH Navy To Navy Talks TNI AL – Royal Australian Navy 2014


Canberra (MI) : Hubungan kerja sama TNI AL dengan Royal Australia Navy  (RAN) telah terjalin baik melalui forum kerjasama Navy to Navy Talks (NTNT) yang merupakan forum kerja sama TNI AL dengan angkatan laut negara lain yang membahas dan mendiskusikan lingkup kerja sama antar angkatan laut. Kegiatan NTNT tahun ini dilaksanakan yang ke 7 kalinya pada tanggal 22 September di Canberra, Australia yang berlangsung dengan baik dan lancar
Meskipun kerjasama di bidang operasi dan latihan antar kedua angkatan laut sempat dihentikan pada akhir tahun 2013 sebagai akibat keputusan politik negara dan dilanjutkan kembali pada awal bulan september 2014 namun hubungan TNI AL dengan Royal Australian Navy  sendiri selama ini mencerminkan dan meningkatkan pengertian dan kepercayaan (mutual understanding and confidence) yang nantinya berguna dalam peningkatan kerjasama kedua Angkatan Laut di masa depan.
Dalam kegiatan tersebut delegasi TNI AL dipimpin oleh Asops Kasal, LaksdaTNI Arief Rudianto, S.E., M.M. beserta anggota delegasi yang terdiri dari Kadisdikal Laksma TNI Dr. Ir. Supartono, Dir C Bais TNI Laksma TNI Djayeng Tirto Soedarsono, Paban V Straops Sopsal Kolonel Laut (P) Tatit Eko Witjaksono, S.E., dan Mayor Laut (P) Ludfy Pabanda Kerma Multilateral Ban V Straops Sopsal sedangkan delegasi RAN dipimpin oleh Deputy Chief of Navy, RAN, Rear Admiral Michael Van Balen dengan anggota delegasi berjumlah 7 orang termasuk Atase Pertahanan Australia untuk Indonesia, Captain Katja.
Dalam perundingan tersebut telah dibahas berbagai hal antara lain apresiasi bersama kerjasama di berbagai bidang yang telah dilaksanakan oleh kedua angkatan laut dan komitmen untuk meningkatkannya di tahun 2015, pertukaran pandangan strategis mengenai situasi regional masing-masing angkatan laut, dan kedua delegasi menyepakati beberapa kegiatan operasi, latihan dan pertukaran personel yaitu Ausindo Corpat 2015, latihan bersama Cassowary 2015, latihan bersama New Horizon 2015, pengiriman perwira TNI AL sebagai observer pada BERSAMA Exercise oleh FPDA, pengiriman perwira TNI AL sebagai fellow officer pada SPC-A 2015 dan  pertukaran Kadet/Midshipman di tahun 2015. Di bidang pendidikan dan pelatihan, pihak RAN membuka kesempatan pendidikan bagi perwira TNI AL yaitu Maritime Air Patrol and Crew Training, Air SAR Training, Anti-Submarine Ops Training dilaksanakan sebagai bagian dalam latma, Air traffic Control Training, CTMP 2016, ACSC, Intermediate Navigation Course, Procedural Air Control Course,  Advanced NBCD and NBCD Instructor Course. TNI AL dan RAN juga membahas konsep naskah Joint Guidance Document serta menyepakati revisi Strategic Objective 2014-2019 yang telah ditandatangani oleh kedua ketua delegasi.
Pada akhir kegiatan NTNT tersebut, dilaksanakan kegiatan Courtesy Call delegasi TNI AL kepada Chief of Navy (CNV), Royal Australian Navy, Vice Admiral T.W. Barrett, AM,CSC. Delegasi TNI AL juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke ANCOR, Universitas Wollongong untuk bertemu dengan Prof Martin Tsamenyi yang telah menjadi dosen terbang Seskoal selama lebih dari 10 tahun.









Sumber : TNI AL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar