Kamis, 25 September 2014

KRI Frans Kaisiepo Laksanakan Stage At Sea Dan Mail Bag Transfer Exercise


Lebanon (MI) : Di awal on task yang ke – 21 dalam misi perdamaian PBB di Lebanon, Maritime Task Force (MTF) – UNIFIL 2014, KRI Frans Kaisiepo – 368 (FKO) mendapatkan kepercayaan dari MTF Commander untuk melaksanakan dan memimpin 2 (dua) latihan sekaligus dalam 1 (satu ) waktu secara bersama-sama.

Latihan tersebut adalah stage at sea yang bertujuan untuk melatih keterampilan 4 (empat) personel kadet Lebanese Armed Force – Navy (LAF-Navy) dan mail bag transfer exercise dengan HS Simitzopoulus (Yunani) dan TCG Poyraz (Turki). Latihan dilaksanakan di zone 4 Jounieh Naval Base, zone 3 Beirut sampai dengan zone 1 centerArea of Maritime Operations. Lebanon, Minggu (21/09/2014).

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, saat itu hari Minggu pagi sekitar pukul 09.00 waktu setempat KRI FKO-368 sudah berada di perairan zone 4 Jounieh Naval Base untuk melaksanakan embarkasi kadet LAF-Navy. 4 (empat) orang kadet LAF-Navy onboard di KRI.Kedatangan para kadet ini   disambut oleh para perwira KRI FKO-368 dan selanjutnya dilaksanakan acara pengenalan tentang  KRI  serta beberapa latihan praktek untuk menambah pengetahuan mereka.

Dalam rangkaian kegiatan pelatihan kadet LAF-Navy kali ini, salah satu materi teori yang diberikan adalah prosedur pelaksanaan replenishment at sea (RAS). Waktu yang tepat bagi mereka untuk dapat mengaplikasikannya dengan melihat secara langsung pelaksanaan miscex 805 (mail bag transfer) antara KRI FKO-368 dengan dua unit MTF lainnya dalam waktu yang bersamaan. Kedua unit MTF lainnya tersebut adalah HS Simitzopoulus (HS SIM) dan TCG Poyraz (TCG POY) yang sesuai jadwal pukul 13.00 waktu setempat sudah berada di titik kumpul yang sudah ditentukan dalam table order.

Setelah mendapatkan perintah melalui berita taktis yang dikeluarkan oleh KRI FKO-368 selaku Officer Conducting Serial (OCS) dan sekaligus berperan sebagai kapal pemberi, HS Simitzopoulus dan TCG Poyraz sebagai kapal penerima segera menempati posisi sesuai perintah, HS Simitzopoulus berada di lambung kiri dan TCG Poyraz berada di lambung kanan KRI FKO-368. Seluruh tahapan dan prosedur dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, sehingga para kadet LAF-Navy pun dapat memahami sesuai dengan teori yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Proses mail bag transfer antara ketiga kapal unit MTF sukses dilaksanakan dalam keadaan aman, masing-masing kapal saling mengirim dan menerima simulasi barang yang sudah disepakati sebelumnya. Sampai dengan tahapan terakhir selesai, tali-tali yang digunakan sudah aman masuk ke kapal masing-masing, HS SIM dan TCG POY secara bersamaan menambah kecepatan dan meninggalkan station keeping untuk menuju sektor patrolinya. Sedangkan KRI FKO-368 bergerak menuju Jounieh Naval Base dalam rangka debarkasi kadet LAF-Navy yang selesai melaksanakan stage at sea.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar