Rabu, 24 September 2014

Presiden SBY Kunjungi Akademi Militer West Point


New Yor (MI) : Di sela-sela lawatannya ke New York untuk menghadiri Sidang Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Presiden SBY mengunjungi West Point. Di tempat ini, Presiden SBY melakukan sejumlah agenda selama 3 jam.

West Point merupakan markas Akademi Militer Amerika Serikat terbesar dan tertua. Akademi Angkatan Darat ini didirikan tahun 1802 dan merupakan tempat penggemblengan para prajurit dan perwira militer yang paling hebat. Lokasi West Point sekitar 40 KM dari New York.

Akademi in‎i berdiri di tanah yang luas, sekitar 60 ribu hektar. Pemandangannya sangat indah, berbukit-bukit dan juga dikelilingi danau dan sungai yang menakjubkan. Bangunan-bangunan di West Point juga memiliki arsitektur yang sangat menarik.

Presiden SBY didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono di markas West Point sekitar pukul 11.00 waktu setempat, Senin (22/9/2014). Begitu turun dari mobil, Presiden SBY disambut Komandan United State Military Academy (USMA) ‎Letnan Jenderal Robert L Caslen Jr ‎beserta istri.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II mendampingi Presiden SBY dalam kunjungan ini. Antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Menlu Marty Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menperin MS Hidayat, dan Mendikbud M Nuh. Hadir pula Wamenlu Dino Patti Djalal dan Ketua Wantimpres Emil Salim.


Begitu tiba, Presiden SBY diterima dengan resmi dengan upacara di halaman Hall Taylor. Dalam upacara ini diperdengarkan lagu Indonesia Raya dan lagu Kebangsaan AS. Setelah itu, Presiden SBY melakukan pertemuan dengan Letjen Caslen sekitar setengah jam.

Seusai pertemuan, Presiden SBY dan Letjen Caslen melakukan pernyataan bersama. Letjen Caslen menyampaikan terima kasih dan bangga atas kunjungan Presiden SBY. Menurut dia, Indonesia merupakan negara pluralis yang besar. "Selama ini, Indonesia sangat berpengaruh untuk Amerika," kata Caslen.

Sementara Presiden SBY menyampaikan terima kasih atas penerimaan begitu hangat dari Komandan USMA dan jajarannya. Kehadirannya ini bertujuan untuk peningkatan hubungan Indonesia dan Amerika. "Saat ini kerjasama Indonesia dan Amerika sangat erat," kata SBY.


Letjen Caslen kemudian memberikan cinderamata berupa buka 'West Point'. Sedangkan ‎Presiden SBY juga memberikan kenang-kenangan patung prajurit TNI berbendara Merah Putih kepada Caslen.

Istri Caslen ‎juga menyampaikan kenang-kenangan kepada Ibu Ani Yudhoyono berupa scarf warna cokelat bermotif gedung West Point. Kenang-kenangan itu langsung dibuka Ibu Ani dan memperlihatkannya kepada para hadirin.

Sedangkan Ibu Ani memberikan kenang-kenangan berupa batik warna cokelat-hitam dan buku tentang batik kepada istri Caslen. ‎Kenang-kenangan batik itu dibuka dan Ibu Ani sempat memasangkannya di pundak istri Caslen. "Ini warnanya sangat cocok dengan warna gedung di West Point," kata Caslen. Kemudian Ibu Ani dan istri Caslen saling berpelukan.

Presiden SBY selanjutnya makan siang bersama ribuan kadet (taruna). Presiden SBY juga menyampaikan pidato di depan para ribuan taruna di Robinson Auditorium. ‎Seusai pidato, Presiden SBY mendapat aplaus yang luar biasa dari para kadet.











Sumber : Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar