Thursday, December 5, 2013

“Teroris” Bakar Gudang Senjata Lantamal V


Surabaya (MI) : Salah satu tugas yang diemban oleh para prajurit dimasa damai yaitu menjaga Kesatrian. Dimana didalam Kesatrian tersebut banyak terdapat pejabat teras dan berbagai dokumen penting, bahkan mungkin terdapat gudang senjata dan amonisi yang harus dijaga selama melaksanakan tugas jaga walaupun dalam masa damai apalagi dalam masa perang.

Dimasa perang, musuh mudah diketahui karena berbeda suku bangsa ataupun berbeda warna kulit maupun rambutnya, akan tetapi dimasa damai akan sangat sulit untuk membedakan antara musuh (lawan) maupun kawan karena musuh bisa saja pura-pura jadi kawan.

Seperti halnya yang terjadi di Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL (Mako Lantamal) V Surabaya pada Selasa (03/12). Karena musuh berhasil menyusup kedalam kesatrian saat terjadi demo oleh sekelompok orang yang tidak dikenal. Segerombolan orang tersebut berhasil mengelabui para penjaga dan berhasil membakar gudang senjata dan amonisi Denma Lantamal V sehingga terjadi kebakaran hebat yang mengakibatkan 1 orang luka bakar.

Api yang membesar dilaporkan oleh penjaga gudang senjata kepada perwira jaga, oleh perwira jaga ditindak lanjuti dengan melaporkan kejadian tersebut kepada komando atas. Komando atas segera memerintahkan unit pemadam kebakaran untuk memadamkan kebakaran di gudang senjata. Dalam hitungan menit aja, 2 unit mobil pemadam kebakaran sudah tiba dilokasi dan segera menyemprotkan air guna memadamkan kobaran api yang semakin membesar.

Setelah api berhasil dipadamkan, komandan regu pemadam laporan kepada Perwira jaga dan diteruskan kepada Komando atas bahwa api yang membakar gudang senjata berhasil dipadamkan dengan kerugian 1 orang terluka dan sudah dievakuasi ke Rumkital dr Oepomo Lantamal V Surabaya.

Demikian salah satu rangkaian skenario dalam pelaksanaan uji trampil Glagaspur tingkat I dan II diMako Lantamal V. Pelaksanaan uji trampil kali ini disaksikan langsung oleh Wadan Kolatarmatim Letkol Laut (P) Ridwan Prawira, SH, M Hum dan dibawah pengawasan katim uji Mayor Laut (P) Suyitno.





Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment