Wednesday, November 20, 2013

Pangarmatim Membuka Latihan Opersi (Latops) Pertahanan Pantai



Surabaya (MI) : Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum., membuka Latihan Opersi (Latops) Pertahanan Pantai di Gedung Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Kolat Koarmatim, Ujung, Surabaya Rabu (20/11). Latihan dibuka dengan upacara resmi yang dihadiri Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmatim dan peserta latihan.

Dalam sambutan Asops Kasal Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan,M.P.A., M.B.A. yang dibacakan Pangarmatim mengatakan, bahwa latihan pertahanan pantai dirancang untuk mengukur hasil pembinaan kemampuan dan kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu selama dalam kurun waktu satu tahun anggaran, dikaitkan dengan meningkatnya kebutuhan operasi seiring dengan perkembangan lingkungan strategik yang membawa dampak timbulnya kompleksitas permasalahan aspek laut yang terjadi.

Dalam latihan ini, lanjut Asops Kasal, para peserta latihan dituntut untuk terus mengembangkan pengetahuan bidang doktrin, strategi, taktik dan teknik serta mekanisme dan prosedur opersi, yang dituangkan dalam suatu rencana opersi. Kehandalan rencana opersi yang dihasilkan, akan diuji dalam tactical floor game.

Dengan demikian, apa yang dihasilkan dalam proses perencanaan akan sangat menentukan keberhasilan latihan nantinya. Selain itu para peserta latihan dituntut untuk mampu membuat suatu rencana operasi yang bersifat gabungan. “Hal ini sangat relevan, mengingat ke depan hampir tidak ada suatu operasi militer yang dilakukan secara mandiri oleh satu angkatan, melainkan dalam bentuk gabungan antar matra.”kata Asops Kasal.

Penyelenggaraan Latihan Operasi Pertahanan Pantai Tahun 2013, kata Asops Kasal, merupakan salah satu realisasi dari fungsi pembinaan sebagai wahana uji coba dan evaluasi sekaligus menjadi tolok ukur dari hasil pembinaan kemampuan dan kekuatan unsur-unsur Koarmatim yang telah dilaksanakan selama ini, juga merupakan kegiatan untuk memantapkan  kemampuan perencanaan dan komando pengendalian serta pemecahan masalah dan pengambilan keputusan pada penyelenggaraan operasi pertahanan pantai dalam Opersi Militer Perang (OMP).

Tema yang diusung dalam latihan kali ini adalah “Melalui Latihan Operasi Pertahanan Pantai Tahun 2013, Koarmatim Siap Melaksanakan Operasi Pertahanan Pantai Di Wilayah Timur Indonesia Dalam rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”. 





Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment