Tuesday, November 19, 2013

Danguspurla Koarmatim Lepas Unsur Satgas Opersi Arung Hiu-13


Surabaya (MI) : Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmatim Laksamana Pertama TNI Aan Kurnia, S.Sos., melepas dan memberangkatkan Satuan Tugas Operasi Arung Hiu-13 di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Minggu siang (17/11). Unsur yang dilepas yakni enam Kapal perang Republik Indonesia dari jajaran Koarmatim yaitu KRI Surabaya-591, KRI Rencong-622, KRI Tongkol-652, KRI Ajak-653, KRI Pulau Raas-722 dan KRI Pulau Rimau-724.

Operasi Arung Hiu tahun 2013, juga melibatkan beberapa komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNI AL, yakni satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) Pasukan Khusus Angkatan Laut dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim, Pasukan Intai Amfibi (Taifib) Marinir, penyelam tempur dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmatim. Satuan tugas tersebut diperkuat dengan pesawat udara patroli maritim jenis Cassa dan helikopter, serta unsur-unsur pangkalan.

Daerah operasi meliputi perairan wilayah Indonesia Bagian Timur, selama kurang lebih dua bulan mulai pertengahan November sampai dengan akhir Desember 2013.

Rencananya Satgas Operasi Arung Hiu-13,juga akan mengikuti acara puncak Hari Nusantara pada tanggal 14 Desember 2013 di Kota Palu Sulawesi, Sulawesi Tengah.  Pada peringatan tersebut  dimeriahkan dengan parade laut dan sailing pass 15 kapal perang dari jajaran Koarmatim, parade dan kirab kota oleh masyarakat Kota Palu serta demontrasi pertempuran laut yang ditampikan gabungan Kopaska, Taifib dan Penyelam tempur Angkatan Laut. 





Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment