Friday, October 10, 2014

Wamenhan Tepis Kabar Xanana Inginkan Timor Leste Gabung Indonesia Lagi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Timur Leste, Xanana Gusmao.

Foto: Sydney Morning Herald.

JAKARTA (MI) : Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin meluruskan sejumlah pemberitaan media nasional yang mengutip Perdana Menteri Timur Leste, Xanana Gusmao bahwa negeri yang sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur itu ingin kembali bergabung dengan Indonesia. Alasan Sjafrie, karena dirinya terus mendampingi Xanana selama kunjungan ke Indonesia dalam beberapa hari ini.

"Saya ingin mengarisbawahi bahwa wacana (pemberitaan) yang disebutkan dalam tagline (media) itu tidak ada," kata Sjafrie dalam siaran pers ke media, Kamis (9/10).
Sjafrie menegaskan, Indonesia sudah mengakui kedaulatan Timor Leste sejak dinyatakan sebagai negara tersendiri. Sjafrie yang berada di samping Xanana saat diwawancarai media nasional pun menepis adanya pernyataan mantan komandan Falintil itu yang ingin Timor Leste kembali melebur dengan Indonesia.

“Negara dan pemerintah Republik Indonesia mengakui  kedaulatan negara Timor Leste sejak awal disahkan sebagai negara yang berdaulat.  Tidak ada pernyataan PM Xanana Gusmao kepada pers soal bergabung ke Indonesia" kata Sjafrie.

Menurutnya, Xanana hadir ke Indonesia karena diundang hadir pada perayaan hari ulang tahun TNI  di Surabaya, Selasa (7/10). Sjafrie mengatakan, dirinya dan Xanana selama dua hari di Indonesia memang terlibat dalam sebuah diskusi intensif soal peningkatan kerjasama di bidang pertahanan dan militer di Timor Leste.

Dijelaskan Sjafrie, Kementerian Pertahanan dan TNI akan melakukan sebuah program kerjasama guna meningkatkan kapasitas organisasi dari perwira, bintara dan tantama Tentara Timor Leste (FFDTL). “Saya selaku otoritas di Kementrian Pertahanan merespon positif segera menindaklanjuti," lanjut Sjafrie.
Sumber : JPNN

No comments:

Post a Comment