Tuesday, October 7, 2014

Helikopter Apache dan Sukhoi Su-35 Segera Perkuat TNI

Helikopter AH-64 Apache Longbow.

SURABAYA (MI) : Modernisasi alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI terus dilakukan. Untuk TNI AD, dalam beberapa tahun ke depan akan diperkuat helikopter AH-64D Apache Longbow. Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, pengadaan helikopter serang buatan Amerika Serikat tersebut segera memperkuat jajaran TNI AD.

"Apache, sudah berjalan. Uang muka sudah ada, uang cicilan sudah ada. Sudah kontrak, semoga terpenuhi pada 2019, sebanyak delapan unit," ujar Moeldoko di Markas Koarmatim pada akhir pekan lalu.

Menurut dia, pengadaan helikopter AH-64D Apache Longbow sudah masuk ke dalam rencana strategis (Renstra) II pada 2015-2019. Dia berharap, pemerintahan baru nanti ikut mendukung penguatan alutsista TNI. Dengan begitu, lima tahun lagi delapan unit helikopter serang terbaik di kelasnya itu bisa semakin meningkatkan daya gentar TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI.

"Apabila pemerintahan baru tidak mengubah kebijakan. Kalau dilanjutkan terus, ini bisa dipenuhi," kata mantan kepala staf Angkatan Darat (KSAD) itu.

Moeldoko juga menyinggung bakal terjadi pergantian pesawat F-5 Tiger milik TNI AU. Menurut dia, jet tempur buatan negeri Paman Sam itu sudah tidak layak pakai lantaran teknologinya sudah ketinggalan zaman. Karena itu, sedang dikaji oleh Mabes TNI AU beberapa pesawat sejenis yang akan dibeli dalam waktu segera untuk menjaga wilayah udara Indonesia.

Moeldoko menyatakan, terdapat tiga opsi sebagai pengganti F-5 Tiger, yaitu pesawat buatan Rusia, Swedia, dan AS. "Untuk udara, ada pengajuan penggantian F-5. Sukhoi Su-35 menjadi pilihan pertama, Saab JAS 39 Gripen pilihan kedua, dan pesawat F-16 pilihan ketiga," kata mantan wakil gubernur Lemhannas itu.

Sedangkan untuk TNI AL, Moeldoko menyebut, saat ini sedang dilakukan pembuatan tiga kapal selam Changbogo buatan Daewoo Shipbuilding, Korea Selatan. Karena dilakukan transfer of technology, maka satu kalap selam dibuat di PT PAL. Dia mengharapkan, rencana itu berjalan sesuai target dan 2017, tiga kapal selam baru bisa memperkuat jajaran TNI AL.

"Saya yakin kemampuan TNI di kawasan semakin diperhitungkan, walapaun baru 30 persen dalam konteks MEF (minimum essential forces), perubahan ini sangat signifikan. Kalau kapal selam datang, pasti memiliki daya gentar," ujar Moeldoko.












Sumber :  REPUBLIKA

5 comments:

  1. su35 aja sepertinya pilihan bijak sambil nunggu T50 PAKFA...sualnya sebentar lagi tetangga kecil utara dan selatan sudah pesen/beli F35 jumlahnya jg banyak..bahkan mngkn sekali yg selatan beli F22 Raptor... indonesia tdk punya pilihan lagi mengingat 5 tetangga yg mengelilinginya dan paling berpotensi bentrok adalah anak buah Blok barat/AS/ingris/NATO dkk... sekalian sbg anggota NONBLOK untuk menetralkan/menyeimbangkan jumlah yg dibeli dari brat wajar kalu beli dari blok timur sambil ngasah kemandirian tentunya...

    ReplyDelete
  2. su-35 kayaknya yg paling bagus teknologinya teritama jarak jangkau radar dan keluarga sukhoi bisa manufer cepat dan ekstrim....sepertinya f22 Raptor USA pun kalah lincah+kalah bodi/kurang garang tampilannya.. sepertinya kekuatan pespur skrg dinilai dari jarak jangkau terbang dan radar, mesin bertenaga besar tp irit, mampu membawa banyak rudal pintar berdaya jangkau jauh, bersifat stealth/siluman mskipun skrg mulai bermunculan radar anti siluman...

    ReplyDelete
  3. benar bung dewa, pilihan yg plng bijak adlh SU-35BM produksi kekaisan om putin.. blok barat rentan embargo, mlh klw d'perbandinkan sama pespur dari blok timur negri'y om putin jauh lbh baik daripada pespur milik mas obama yg licik dngn pelanggaran2 HAM yg mengatasnamakan teroris ,, maju terus TNI ku, NKRI is my blood

    ReplyDelete
  4. Dri ketiga pilihan tersebut jelas SU-35 paling garang dan punya efek gentar pada musuh...walaupun agak mahal dlm operasional dan perawatan tetapi sebanding dgn efek gentarnya di banding SAAB Grifen maupun F 16 ataupun F18 hornet

    ReplyDelete
  5. ANDA PUTUS SEKOLAH / KULIAH ?!
    MEMBUTUHKAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH ?! INGIN MERUBAH MASA DEPAN MENJADI JAUH LEBIH BAIK ?!
    ATAU ANDA MEMBUTUHKAN DOKUMEN PENTING LAIN ?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP UNTUK MELAYANI DAN MEMBANTU KESULITAN ANDA UNTUK MEMENUHI DOKUMEN DOKUMEN PENTING YANG ANDA BUTUHKAN.

    PELAYANAN KAMI PROFESIONAL KARENA KAMI AKAN MEMBERIKAN BUKTI, BUKAN SEKEDAR JANJI.
    DOKUMEN YANG KAMI SEDIAKAN AMAN - TERDAFTAR DAN TIDAK AKAN ADA MASALAH DIKEMUDIAN HARI KARENA UNTUK KEAMANAN LEGALITAS KAMI BERANI MENJAMIN.
    RAHASIA IDENTITAS PEMESAN AKAN KAMI PASTIKAN AMAN DAN TERJAGA .
    AMAN UNTUK MELANJUTKAN JENJANG PENDIDIKAN. AMAN UNTUK MELAMAR KERJA. AMAN UNTUK TEST CPNS.
    AMAN UNTUK MASUK TNI / POLRI


    DAFTAR HARGA IJAZAH SEKOLAH / UNIVERSITAS :

    IJAZAH SD : 4.000.000
    IJAZAH SLTP : 4.000.000
    IJAZAH SMU : 4.000.000
    IJAZAH D3 : 6.000.000
    IJAZAH S1 : 8.000.000
    IJAZAH S2 : 16.000.000


    UNTUK INFORMASI LEBIH JELAS SILAHKAN ANDA KIRIM PERTANYAAN MELALUI EMAIL : 085736927001.ku@gmail.com
    ATAU SMS KE : 085736927001

    KAMI AKAN BERUSAHA MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI KARENA KEPERCAYAAN YANG ANDA BERI AKAN MEMBANGUN KINERJA TERBAIK KAMI.

    www.pembuatanijazah.blogspot.com
    www.jasapembuatanijazahpalsu.blogspot.com

    ReplyDelete