Senin, 06 Oktober 2014

Satgas Maritim TNI Secara Resmi Menerima United Nations Medal Dari PBB

http://cakrawala-dispenal.org/images/photos/Medal%20Parade%20KRI%20FKO-368.jpg

Lebanon (MI) : Seratus Personel Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-F/UNIFIL 2014 KRI Frans Kaisiepo-368 (FKO) menerima penghargaan berupa medali United Nations (UN) dari PBB dalam suatu upacara “ĂšNIFIL Medal Parade”. Upacara tersebut dilaksanakan ditengah pelaksanaan port visit KRI FKO-368 di Beirut Sea Port. Lebanon. Pekan lalu

UNIFIL Medal Parade merupakan kegiatan upacara penganugerahan penghargaan berupa penyematan tanda jasa bagi seluruh personel militer dari berbagai negara yang telah bertugas dalam membantu misi perdamaian dibawah kendali Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Menurut Head of Mission Policy (HOM POL) 12-51 yang mengatur tentang Standard Operating Procedure (SOP) yang berkaitan dengan Award of UNIFIL Medal, beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai syarat untuk memperoleh tanda jasa tersebut adalah pertama, personel militer yang bersangkutan tentunya harus berada dibawah kendali langsung UNIFIL baik secara operasional maupun taktis. Kedua, khususnya bagi personel Maritime Task Force (MTF) UNIFIL telah melaksanakan operasi selama 90 hari berturutan di Area of Maritime Operations. Dan beberapa persyaratan serta kondisi lainnya yang menjadikan seseorang berhak mendapatkan tanda jasa tersebut.

Pada upacara penyematan UN Medal tersebut, tiga pejabat penting yang mendapatkan kehormatan dalam menyematkan tanda jasa diantaranya yaitu Maritime Task Force (MTF)Commander, Rear Admiral (RADM) Walter Eduardo Bombarda, Dubes RI untuk Lebanon, Bapak Dimas Samoedra Rum, M.B.A., dan LAF-Navy Commander-in-Chief, RADM Nazih Jbaily. Setelah penyematan medali selesai, dalam sambutan Force Commander UNIFIL Major General Luciano Portolano,yang dibacakan oleh MTFCommander selaku Inspektur Upacara, disampaikan ucapan selamat kepada seluruh prajurit KRI FKO-368 yang telah berhasil melaksanakan tugas dengan baik. Selain itu, Inspektur Upacara juga memberikan apresiasi yang tinggi atas raihan prestasi, komitmen serta dedikasi KRI FKO-368 berikut crew-nya dalam membantu misi perdamaian PBB di perairan Lebanon sebagai unit Maritime Task Force UNIFIL, BRAVO ZULU.
Tampak hadir di tenda VVIP/VIP beberapa Duta Besar dan Atase Pertahanan dari Negara sahabat dan Negara yang tergabung dalam MTF UNIFIL, serta para pejabat teras UNIFIL dan MTF Headquarters. Kemudian di tenda undangan lainnya tampak Komandan Kontingen Garuda Kolonel Inf Adipati Karna Wijaya, Deputy Maritime Task Force Commander – Chief of Staff (DMTC-COS), Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah, Komandan Indo-Batt, Letkol Inf M. Asmi, dan seluruh Dansatgas lainnya termasuk paraPeacekeepers Kontingen Garuda UNIFIL, serta tamu undangan lainnya dari kalangan sipil Lebanon dan Warga Negara Indonesia dan mahasiswa yang berada di Lebanon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar