Monday, February 3, 2014

The Jupiters TNI AU Tampil di Singapore Air Show 2014

The Jupiters TNI AU  Tampil di Singapore Air Show 2014

YOGYAKARTA (MI) : Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Agus Munandar, SE selaku Supervisor the Jupiters memimpin langsung keberangkatan team Aerobatik kebanggaan TNI Angkatan Udara The Jupiters Aerobatic Team, Senin (3/2/2014). Duta Bangsa ini bertolak dari home base Lanud Adisutjipto untuk menuju Singapura dalam rangka mengikuti Singapore Air Show 2014 , yang akan berlangsung pada tanggal 3 dan 18 Januari 2014 mendatang.

Mayor Fery Yunaldi selaku Flight Leader The Jupiters mengatakan Marsekal Agus Muanandar mengukir prestasi tidak hanya di Indonesia namun telah memukau di Centervial of RTAF Founding Fathers Aviation atau 100 tahun penerbangan Thailand tahun 2012. Selanjutnya bulan Februari 2013 diundang negera Jiran malaysia dalam Langkawi International maritime and Aerospace Exhibition 2013 dan misi terakhir yang telah dilaksanakan adalah di negara Brunei Darusalam dalam rangka mengikuti Bridex 2013, Brunei Darussalam International Defence Echibition 2013 pada medio Desember 2013. "Tim ini bertolak meninggalkan Home Base dan selanjutnya terbang ke Lanud Halim Perdanakusumah Jakarta," ujarnya, dalam rilis yang disampaikan kepada Tribun Jogja, Senin (3/2/2014).

Dilanjutkan menuju Lanud Palembang di Palembang untuk ikut serta memeriahkan kegiatan Gebyar Dirgantara Sriwijaya dengan menampilkan tarian maut di udara. Kegiatan Gebyar Dirgantara dimaksudkan untuk mengembangkan minat dirgantara dan pembinaan Potensi dirgantara (Binpotdirga). Perjalanan akan dilanjutkan esok harinya dari Palembang menuju Bandara Changi Singapura. Tim Aerobatic yang akan beraksi di Bridex 2013 ini melibatkan 8 pesawat, dan 59 crew. "Direncanakan Team JAT akan kembali ke Maguwo Yogyakarta (18/2)," katanya.

Marsma TNI Agus Munandar, SE, menyampaikan bahwa Tim Aerobatik adalah Duta Angkatan Udara Indonesia di dalam negeri maupun luar negeri untuk menunjukkan tingkat profesionalisme para penerbang TNI AU. "Team JAT telah menyiapkan generasi ke tiga ini jauh sebelum tampil perdana saat HUT TNI ke 68 tahun 2013 yang lalu. Masih menurut Danlanud Kesiapan The Jupiters saat ini telah 100 %," katanya.

Formasi dari The Jupiters akan dipimpin oleh Mayor Pnb Feri Yunaldi sebagai Flight Leader di Jupiter 1, dimana masing-masing pesawat diawaki oleh Kapten Pnb Ripdho Utomo sebagai Right Wing di Jupiter 2, Kapten Pnb Apri Arfianto sebagai Left Wing di Jupiter 3, Mayor Pnb Ari Susiono sebagai Slot di Jupiter 4, Mayor Pnb Sri Raharjo sebagai Lead Synchro di Jupiter 5, dan May Pnb Marcellinus Dirgantara sebagai Syncro di Jupiter 6.

Mayor Fery Yunaldi selaku Flight Leader The Jupiters menyampaikan dalam pameran ini, The Jupiters Aerobatik Team akan menampilkan 14 manuver akrobatik udara dengan formasi, antara lain, Jupiter Roll, Arrow Head Loop, Loop and Break Off, Twin Half Cuban-Jupiter Wheel, Tango to Diamond Loop, Mirror, Heart, Screw Roll, Roll Slide, Solo Spin, Five Card Loop, Jupiter Roll Back, serta diakhiri Loop and Bomburst. 
Sumber :  TRIBUNNEWS

No comments:

Post a Comment