Selasa, 28 Januari 2014

Kunjungi RI, Menlu Inggris Tindaklanjuti Hasil Kunjungan Presiden SBY ke Inggris

 Menlu Inggris William Hague

Jakarta (MI) : Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague, hari ini berkunjung ke Indonesia untuk memperkuat kemitraan dua negara. Selain itu dia membawa sejumlah agenda regional dan global kepada pemerintah Indonesia, seperti transparansi pemerintahan dan pencegahan kekerasan seksual di wilayah konflik. 

Selain Indonesia, dia juga mengunjungi Filipina selama 27-31 Januari 2014. “Saya sangat senang berkunjung ke Indonesia dengan tujuan utama menindaklanjuti  kunjungan bersejarah Presiden Yudhoyono ke Inggris pada tahun 2012 lalu," kata Hague dalam pernyataan yang dikirim Kedutaan Besar Inggris di Jakarta kepada VIVAnews hari ini.  

Dia mengingatkan bahwa Indonesia dan Inggris memiliki banyak kesamaan dan kunjungan dia untuk memfokuskan perhatian terhadap nilai-nilai persamaan tersebut.
"Kami bekerjasama erat dalam forum internasional seperti PBB dan G20, mendiskusikan isu-isu seperti Pencegahan Kekerasan Seksual dalam Konflik dan saya berharap mendiskusikan hal-hal lainnya dengan Menlu Marty Natalegawa,” lanjut Hague, yang juga mengingatkan bahwa Indonesia adalah pusat kekuatan perekonomian Asia Tenggara.

Selama di Jakarta, Menlu Hague akan bertemu dengan Menlu Marty Natalegawa untuk meninjau kembali kerja sama Inggris-Indonesia  dan mendiskusikan isu-isu global yang menjadi kepentingan bersama. Menlu Hague juga akan menghadiri sejumlah kegiatan yang terfokus pada peningkatan transparansi pemerintahan dan mempromosikan kampanye Pencegahan Kekerasan Seksual dalam Konflik.

Kunjugan Menlu Hague ke  Indonesia dan Filipina merupakan rangkaian kunjungan terkini ke wilayah Asia Tenggara. Kunjungan-kunjungan tingkat tinggi pemerintah Inggris ke wilayah Asia Tenggara selama kurun waktu dua tahun terakhir telah merevitalisasi hubungan Inggris dengan negara-negara dikawasan ini.

Menurut Kedubes Inggris, kunjungan Menlu Hague ke Indonesian kali ini adalah untuk yang pertama kalinya sejak tahun 2005. Presiden Yudhoyono mengunjungi Inggris atas undangan Yang Mulia Ratu Inggris pada November 2012, kunjungan kenegaraan  Indonesia pertama ke Inggris sejak 1982. Perdana Menteri Inggris David Cameron berkunjung ke Indonesia bersama dengan delegasi bisnis Inggris, pada April 2012.




Sumber :  VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar