Senin, 27 Januari 2014

Genap Sudah BMP-3F Korps Marinir


ARC (MI) : Senin (27/01), puluhan tank amfibi BMP-3F melaju menyerbu musuh. Masing-masing tank andalan Korps Marinir TNI-AL itu menembakan senjata andalan mereka ke sasaran musuh. Para undangan yang terdiri dari Menteri Pertahanan, Panglima TNI, serta pejabat negara lainnya menahan nafas menyaksikan serunya simulasi tempur yang dilakukan oleh Korps Marinir.

Simulasi tempur itu merupakan bagian dari acara serah terima BMP-3F dari Kementrian Pertahana kepada Korps Marinir TNI-AL. Sebanyak 37 unit tank BMP-3F diserahkan langsung oleh Menhan Purnomo Yusgiantoro, melengkapi 17 unit yang telah beroperasi sebelumnya. Selain 54 unit Tank BMP-3F, juga terdapat satu unit kendaraan recovery BREM-L.

Sebelum serah terima, dilakukan pelatihan pengoperasian BMP-F selama lima bulan, di Pusat Pelatihan Pabrik Kendaraan Tempur Kurganmashzavod, Kurgan, Rusia. Para prajurit Korps Marinir tiba pada pertengahan bulan Juni 2013 lalu dan selesai melaksanakan pelatihan pada bulan November 2013. Materi pelajaran yang diterimakan dalam bentuk teori di kelas, praktek lapangan di pabrik, serta praktek uji coba senjata, mengemudi di darat, laut, serta praktek melaksanakan evakuasi tank di Ground Test Facility yang berjarak sekitar 30 km di luar kota Kurgan, Rusia.

Selain itu dilakukan pula latihan pengetahuan tentang pengawakan dan mengoperasikan kendaraan tempur BREM-L sebagai kendaraan recovery dan kendaraan pendukung (supporting vehicle) untuk Tank Amfibi BMP-3F. Kendaaran tempur ini memiliki peralatan mulai dari crane kapasitas 11 Ton, peralatan las aluminium, potong plat, dan peralatan perbengkelan lainnya guna mendukung perbaikan dan pemeliharaan Tank Amfibi BMP-3F, sampai dengan bongkar pasang mesin, transmisi, dan senjata utama (100 mm beserta turret-nya).




 Sumber : ARC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar