Thursday, January 23, 2014

Indonesia – Arab Saudi Tandatangani Kerjasama Pertahanan


Jakarta (MI) : Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sjafrie Sjamsoeddin menerima kunjungan Wakil Menteri Pertahanan Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Salman bin Sultan bin Abdul Aziz AL Saud, Kamis (23/1), di kantor Kemhan Jakarta. Selama kunjungannya di Kemhan RI,  Wamenhan  RI dan Wamenhan Kerajaan Arab Saudi melakukan penandatanganan kerjasama pertahanan antara Kementerian Pertahanan RI dan Kementerian Pertahanan Kerajaan Arab Saudi atau Defense Coorporation Agreement (DCA).

Persetujuan kerjasama pertahanan ini akan menjadi fondasi bagi implementasi kerjasama pertahanan, untuk lebih erat dan produktif dalam rangka tindakan peningkatan kapasitas bagi pertahanan kedua negara.
Disamping itu dengan ditandatanganinya persetujuan kerjasama tersebut, akan memberikan dasar bagi langkah-langkah implementasi kerjasama pertahanan yang lebih kongkrit dan konstruktif bagi kedua negara, misalnya pendidikan dan latihan militer, pertukaran siswa atau instruktur militer dan kerjasama industri pertahanan yang mencakup penelitian dan produksi bersama, transfer teknologi, serta kerjasama di bidang bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

Selain itu pula kedua negara sepakat untuk melakukan kerjasama dalam penanggulangan terorisme. Pihak Indonesia membuka peluang bagi pemerintah Arab Saudi untuk bekerja sama dalam penanggulangan terorisme. Kerjasama penanggulangan terorisme dapat berupa pelatihan bersama pasukan khusus kedua angkatan bersenjata, operasi gabungan maupun pertukaran operasi.

Tidak menutup kemungkinan kerjasama juga akan melibatkan instansi diluar Kementerian Pertahanan seperti Kementerian Dalam Negeri. Fenomena terorisme membawa citra yang buruk bagi muslim di dunia dan Arab Saudi adalah salah satu negara yang cukup dirugikan dengan ancaman terorisme tersebut. 





Sumber : DMC Kemhan

No comments:

Post a Comment