Thursday, January 23, 2014

Pangarmatim Sampaikan Paparan Pembinaan Kekuatan Armada Timur





Surabaya (MI) : Panglima Komando  Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum., menyampaikan paparan tentang pembinaan kekuatan dan kemampuan serta penggelaran kekuatan dalam kurun waktu selama tahun 2013. Paparan Pangarmatim disampaikan pada saat acara Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AL tahun 2014, bertempat di Gedung Graha Samudera Bhumimoro, Surabaya, Rabu (22/01). Paparan ini sebagai laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dengan tujuan, agar dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan dalam menentukan arah kebijakan lebih lanjut pada Rapim TNI AL tahun 2014 oleh Pemimpin TNI Angkatan Laut .



Dalam paparannya Pangarmatim menyampaikan Koarmatim merupakan Komando Utama Operasional dan Pembinaan yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf Angkatan Laut. Dalam bidang pembinaan kemampuan dan kesiapan tempur Koarmatim berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dalam bidang operasi atau penggunaan kekuatan.



Sebagai Kotama Operasional Koarmatim bertugas menyelenggarakan operasi intelijen guna mendukung pelaksanaan operasi laut. Kemudian menyelenggarakan operasi tempur laut dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) baik operasi gabungan maupun mandiri. Selain itu juga menyelenggarakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) baik berupa operasi laut sehari-hari maupun operasi keamanan laut di wilayahnya sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.



Sedangkan sebagai Kotama Pembinaan, Koarmatim bertugas membina kemampuan dan kekuatan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), membina kemampuan peperangan laut. Kemudian membina kesiapan operasional untuk melaksanakan OMP dan OMSP dalam rangka pengendalian laut. Memproyeksi kekuatan ke darat lewat laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut. Hal tersebut sesuai kebijakan Panglima TNI serta membina potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan dan keamanan negara di laut yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kasal.



Dalam melaksanakan peran, fungsi dan tugasnya, Koarmatim tentu tidak terlepas dari dukungan sumber daya yang ada dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis. Terbatasnya anggaran dituntut untuk menyesuaikan terhadap realisasi pelaksanaan program dan kegiatan yang telah disusun berdasarkan skala prioritas dan perkembangan strategis. Maka pada kesempatan Rapim TNI AL ini perlu dilaporkan secara singkat pelaksanaan dan evaluasi program dan kegiatan Koarmatim TA. 2013.





Sampai dengan akhir tahun 2013, Koarmatim melaksanakan pembinaan terhadap Komando pelaksana operasi, meliputi Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmatim dan Gugus Keamanan Laut (Guskamla), Komando pelaksana pembinaan, meliputi Satuan Kapal Eskorta, Satuan Kapal Selam, Satuan Kapal Amfibi, Satuan Kapal Cepat, Satuan Kapal Ranjau, Satuan Kapal Patroli, Satuan Kapal Bantu, Satuan Komando Pasukan Katak dan Komando Latihan. Komando Pelaksana Dukungan meliputi Lantamal, Lanal, Posal dan Fasharkan.





Dengan segala keterbatasan kondisi Alutsista yang ada, Koarmatim tetap berupaya agar tetap mampu melaksanakan pembinaan baik terhadap sumber daya manusia maupun Alutsista. Penggunaan kekuatan dalam bentuk tugas operasi dari Mabes TNI dan TNI AL. Hal ini memerlukan langkah-langkah evaluasi yang obyektif dan akurat dengan penajaman skala prioritas untuk mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada, tegas Pangarmatim.



Rapim TNI Angkatan Laut Tahun 2014, merupakan kelanjutan dari Rapim TNI Tahun 2014 yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Hal ini guna menindaklanjuti kebijakan dan arahan Panglima TNI di tahun 2014.  Kegiatan ini sekaligus sebagai media yang efektif untuk menerima masukan secara langsung dari para peserta Rapim TNI Angkatan Laut terkait dengan pelaksanaan program kegiatan di tahun 2013. Dengan demikian dapat  diambil langkah-langkah kebijakan yang komprehensif agar mencapai sasaran pembinaan tahun 2014 secara optimal.



Dalam acara ini dilaksanakan tiga agenda kegiatan strategis sekaligus yakni Rapat Pimpinan (Rapim) dan Apel Komandan Satuan (AKS) TNI Angkatan Laut Tahun 2014, serta Olah Yudha Renstra Tahun Anggaran 2015. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 22 sampai dengan 24 Januari 2014. Tema yang diusung yaitu Kita Tingkatkan Profesionalisme TNI Angkatan Laut dalam Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI di Laut.





Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment