Friday, January 24, 2014

Militer RI siaga, Australia bergeming

Militer RI siaga, Australia bergeming

Jakarta (MI) : Pemerintah Australia bergeming meskipun militer Indonesia siaga untuk berpatroli menjaga kedaulatan wilayah RI. Sikap tegas Indonesia itu sebagai reaksi keras atas pelanggaran kedaulatan yang dilakukan kapal-kapal militer Australia saat mengusir para pencari suaka.

Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, seperti dilansir Sydney Morning Herald, Kamis (23/1/2014), mengatakan, Australia berhak untuk melindungi perbatasannya dan akan terus melakukannya, terlepas dari kekhawatiran Indonesia atas pelanggaran teritorial yang pernah terjadi sebelumnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, Djoko Suyanto, dalam situs Polkam, menegaskan pemerintah Australia di bawah pimpinan Tonny Abbot juga harus paham dan mengerti apa arti kedaulatan RI yang dilanggar begitu saja oleh Angkatan Laut Australia.

”Pengembalian pencari suaka yang sudah masuk wilayah negara mana pun (termasuk Australia), maka negara tersebut harus mengelolanya sesuai amanat konvensi PBB," kata Djoko, kemarin.


Namun, Abbott bergeming dengan kegusaran Indonesia, karena apa yang dilakukan Angkatan Laut Australia juga untuk melindungi kedaulatannya.”Menghentikan perahu (pencari suaka) adalah masalah kedaulatan,” katanya.

Komentar Abbot itu disampaikan saat ia menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Swiss. ”Menghentikan perahu (pencari suaka) adalah masalah kedaulatan dan Presiden Yudhoyono harus mengerti. Jadi kami akan terus melakukan apa yang berhak kita lakukan untuk mengamankan perbatasan kita,” kata Abbott.






Sumber :  Sindonews

3 comments:

  1. Indonesia seharusnya bisa menimpalin pernyataan abbot tsb. Kalau masalah pengungsi itu adlh masalah kedaulatan australia, berarti australia jg hrs mengerti kalau sewaktu2 rudal yakhont mendarat di kapal australia ketika kapal australia tsb melanggar kedaulatan indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bakalan rudal meluncur, kalau presiden dan panglimananya seperti sekarang....

      Delete