Monday, June 15, 2015

Pemerintah Akan Kucurkan Rp1,4 Triliun untuk Bangun Pulau Sebatik

Presiden Joko Widodo meninjau Pos Perbatasan Sei Pancang (Patok 1) Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik, 16 Desember 2014. Foto: Setpres
Nunukan (MI) : Pemerintah segera mengucurkan anggaran Rp1,4 triliun untuk membangun sarana dan prasarana di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Hal itu merupakan bentuk perhatian pemerintah ke wilayah perbatasan.
"Dana sebesar Rp1,4 triliun segera dikucurkan untuk membangun sejumlah fasilitas infrastruktur di wilayah perbatasan di Kabupaten Nunukan. Dana ini khusus untuk pembangunan di Pulau Sebatik," kata Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno di Nunukan, kemarin.

Selain dana itu, katanya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga telah mengalokasikan dana untuk membangun wilayah perbatasan di Kabupaten Nunukan dengan jumlah yang lebih besar.
Dia menegaskan Presiden Joko Widodo komitmen membangun wilayah perbatasan yang selama ini masih banyak mengalami kendala dan keterbatasan. Dia menyatakan, Presiden serius ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan.

Langkah awal yang dilakukan, lanjutnya, adalah membangun fasilitas yang dapat memperlancar transportasi seperti jalanan, pelabuhan, dan kapal angkutan, serta ketersediaan sarana lainnya seperti pasar dan sekolah.
Dia juga menyampaikan, pemerintah intensif berkunjung ke wilayah perbatasan untuk melihat langsung kondisi masyarakat di wilayah perbatasan. Dengan cara itu, keterbatasan dan penyebab ketergantungan warga Indonesia dengan negara tetangga bisa diketahui.

Tedjo berharap, melalui pembangunan sejumlah fasilitas yang dianggap mendesak itu, tingkat kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan semakin membaik. Ketergantungan dengan negara lain mulai berkurang.
Sumber : Metrotvnews

No comments:

Post a Comment