Jumat, 05 Desember 2014

Menko Polhukam RI Kunjungi KRI Bung Tomo-357


Surabaya (MI) : Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Tedjo Edy Purdjianto, Kamis (4/12/2014) berkunjung ke KRI Bung Tomo-357 yang baru saja dikukuhkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Marsetio. Kunjungan tersebut dilaksanakan setelah Menkopolhukam memenuhi undangan Gala Dinner Hari Armada RI 2014.
KRI Bung Tomo-357 merupakan salah satu dari tiga jenis kapal (Multi Role Light Fregate) milik TNI Angkatan Laut. Pemberian nama Bung Tomo kepada kapal andalan TNI Angkatan Laut ini, karena perananan yang besar dari tokoh Bung Tomo dalam membangkitkan  semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda, yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.
Kapal ini memiliki jumlah ABK 85 prajurit, dengan rincian perwira 17 orang, bintara 40 orang dan tamtama 28 orang. Kapal perang ini merupakan kapal patroli lepas pantai jenis korvet, dan tiba di Indonesia pada pertengahan bulan September 2014. KRI Bung Tomo-357 saat ini dikomandani Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, S.T,.
Kesenjataan canggih melengkapi KRI ini, serta didukung oleh Platform System yang baik, di antaranya, Radar Navigasi, Radar Surveillance untuk mendukung pengamatan udara serta Radar Tracker Senjata untuk mengendalikan arah dan elevasi secara akurat terhadap sasaran Meriam 76 mm Otomelara Super Rapid Gun (OSRG) dan 30 mm di lambung kanan dan kiri kapal yang dapat berperan sebagai CIWS (Close in Weapon System) jika ada bahaya udara mengancam kapal tersebut.











Sumber : TNI AL

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar