Rabu, 03 Desember 2014

Janji "Kado" Khusus Kabinet Jokowi untuk Daerah Perbatasan pada HUT Ke-70 RI


JAKARTA (MI) : Pada 2015, Indonesia akan merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-70. Presiden Joko Widodo menjanjikan "kado" khusus bagi daerah perbatasan dan pulau terluar terkait momentum tersebut.

“Dalam rangka menyambut HUT ke-70 RI, 47 wilayah perbatasan serta pulau-pulau terkecil dan pulau-pulau terluar sudah ada listriknya,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo saat ditemui di Kantor Kemenko Bidang Perkonomian, Selasa (2/12/2014).

Menurut Indroyono, Jokowi ingin kondisi daerah-daerah perbatasan, pulau-pulau terluar, dan pulau-pulau kecil berpenghuni setidaknya sama atau bahkan sebisa mungkin lebih baik dari negara tetangga.

Keinginan Jokowi itu, kata Indroyono, disampaikan dalam pertemuan dengan Panglima TNI, Panglima Komando Utama TNI, dan kepala Kejaksaan Tinggi se-Indonesia, di Istana Bogor, pekan lalu.

Contoh yang disebutkan Indroyono untuk perbandingan adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di provinsi ini Pulau Timor "terbagi dua", yaitu wilayah yang masuk Indonesia dan bagian dari provinsi ini, sementara satu penggal wilayah yang lain merupakan wilayah negara Timor Leste.

Saat ini, sebut Indroyono, pasokan listrik di Timor Leste mencapai 165 megawatt, dengan pemakaian hanya 110 MW. "Kita di Timor Barat tidak boleh sampai kekurangan listrik," tegas dia. "Kepulauan Timor Barat, Nusa Tenggara Timur, diupayakan pada HUT ke-70 RI harus sudah dapat listrik."


















Sumber :  KOMPAS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar