Kamis, 12 Juni 2014

Komandan Kolatarmatim Buka Latma Flash Iron 14-1


Surabaya (MI) : Komandan Kolatarmatim Kolonel Laut (P) Bambang Supriyadi membuka  Latihan Bersama (Latma) Flash Iron 14-1 Joint Combain Exercise Training (JCET) tahun 2014, antara Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL dengan US. Navy SEALs di Auditorium Puslat Kaprang, Kolatarmatim, Ujung, Surabaya, Rabu (11/6). Upacara diawali dengan laporan, pembacaan kesiapan pelaksanaan latihan, dan penyematan tanda peserta latihan kepada perwakilan peserta Latma Flash Iron 2014.
Penyematan tanda peserta latihan dari pihak Kopaska TNI AL diwakili oleh Kapten Laut (T) Puadi Hasani dari Satkopaska Koarmatim, sedangkan dari pihak US.Navy SEALs diwakili oleh Komandan Tim Lieutenant  Michael Zecca, dari Naval Special Warfare Unit One, yang bermarkas di Guam, AS. Latihan bersama ini diikuti oleh 102 personel terdiri dari staf, pendukung dan pelaku.
Pelaku latihan terdiri dari empat Tim Kopaska TNI AL, tiga tim dari Satkopaska Koarmatim, satu tim dari Satkopaska Koarmabar. Sedangkan dari US Navy  mengirimkan personel gabungan yang terdiri dari unsur Naval Special Warfare Unit One Guam, Seal Team One, SWCC (Special Warfare Combat Craft Crewman) dan MARSOC (Marine Special Operation Combat).
Latma Flash Iron 14-1 JCET T.A 2014, merupakan sebagai wujud dari peningkatan kerjasama bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat.  Dengan demikian, kedua negara perlu melaksanakan peningkatan kerjasama di bidang kemampuan profesionalisme antara Kopaska TNI AL dan USN. SEALs  yang diwujudkan dalam bentuk latihan bersama.
Rencananya latihan bersama ini dilaksanakan selama tiga pekan, mulai tanggal 6 sampai dengan 27 Juni 2014. Temapat latihan berada di Mako Koarmatim, Selat Madura, wilayah Surabaya dan sekitarnya. Metode latihan meliputi teori, drill serta praktek lapangan berupa latihan teknis, taktis dan manuver lapangan.
Materi yang dikembangkan meliputi Maritime Interdiction Operation (MIO), pertempuran jarak dekat Closed Quarters Combat (CQC), operasi khusus pertempuran kota  Military Operation On Urban Terrain (MOUT), dan Full Mission Profiles (FMP).
Tujuan digelarnya latihan bersama ini untuk memelihara dan meningkatkan keterampilan serta profesional prajurit Kopaska TNI AL. Selain itu juga untuk memantapkan kemampuan profesionalisme prajurit pasukan katak baik perorangan tim khusunya dalam melaksanakan operasi anti teror. Latma Flash Iron 14-1 sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan hubungan diplomatik dua negara, khususnya bidang militer serta terjalinnya kerja sama taktis Kopaska TNI AL dan US Nay SEALs.
Dalam sambutannya Pangarmatim Laksmana Muda TNI Sri Mohamad Darojatim yang dibacakan oleh Komandan Kolatarmatim mengatakan,  untuk menjaga kedaulatan serta integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari segala bentuk gangguan, hambatan, serta ancaman, baik yang potensial maupun faktual, maka sangat diperlukan kehadiran Tentara Nasional Indonesia yang kuat dan profesional serta mendapat dukungan baik moral maupun material dari seluruh komponen bangsa.
Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Pangarmatim, maka yang perlu dicermati dan sikapi adalah bagaimana cara menyediakan sarana tempur yang diperlukan serta meningkatkan kemampuan, pengetahuan, serta profesionalisme yang dimiliki, meskipun dengan segala keterbatasan yang ada.  
Guna mengantisipasi serta menjawab tugas kedepan yang semakin beragam dan kompleks, Kopaska TNI AL mempunyai tugas khusus melaksanakan special warfare atau peperangan laut khusus.  Agar terus meningkatkan kemampuan  dan profesionalisme dengan cara berlatih, berlatih dan berlatih. Guna menambah wawasan yang luas maka diperlukan latihan yang tidak hanya dilakukan dilingkup negara sendiri namun perlu adanya latihan bersekala regional bahkan internasional,  yaitu dengan melaksanakan kegiatan latihan bersama dengan negara-negara sahabat.
“Latihan bersama ini merupakan wujud dari kebijakan luar negeri yang positif sebagai sesama negara sahabat antara pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat, yang tentunya menuju kearah yang positif. Kerja sama latihan ini didasari dengan prinsip saling menhormati, menghargai dan saling menguntungkan”, kata Pangarmatim.
Upacara pembukaan dihadiri Komandan Satkopaska Koarmatim Kolonel Laut (P) Yudi Bramantyo, Komandan Sepaska, Pusdiksus Kobangdikal Letkol Laut (T) Agus Purwanto, Komandan KRI Cakra-401 Letkol Laut (P) Iwan, para peserta latihan dari Kopaska TNI AL dan US. Navy SEALs. Upacara juga dihadiri oleh Komisaris Polisi Aryanto dari Ditpolairud Polda Jatim, Kabidlala Operasi dan Kepelabuanan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Deny R. Boy Mau, Kasie Penjagaan Syahbandar Utama Tanjung Perak Ketut Asmika.






Sumber : TNI AL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar