Jumat, 13 Juni 2014

Komandan Pasmar-1 Melepas Satgaspam Pulau Terluar XVI

Surabaya (MI) : Komandan Pasmar-1 Brigadir jenderal TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso secara resmi melepas keberangkatan Satuan Tugas Marinir (Satgasmar) Pengamanan Pulau Terluar (Pam Puter) XVI  di Semarung Surabaya, Jum’at (13/06/2014).

Pelepasan Satgasmar Puter yang berjumlah 44 personel dari Brigif-1 Marinir, Menbanpur-1 Marinir dan Menart-1 Marinir ini di pimpin oleh Kapten Marinir Irman Ali Rahman P NRP 17763/P sebagai Dansatgas. Rencana pasukan akan berangkat menggunakan Kapal Perang KRI Teluk Lampung-403.

 

Dalam amanatnya, Danpasmar-1 menyampaikan bahwa tugas yang akan kalian laksanakan ini merupakan amanah dari seluruh rakyat indonesia, yaitu untuk menjaga keutuhan  wilayah dan kedaulatan NKRI, saya juga mengharapkan kepada Komandan Satgasmar Pam Puter XVI agar mampu mengendalikan diri dan seluruh anak buahnya, sehingga dapat melaksanakan penugasan ini dengan baik, serta lakukan rotasi penempatan personel, karena pulau yang akan kalian tempati merupakan pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni, agar dapat menghilangkan rasa kebosanan.

Lanjutnya, Komandan Pasmar-1 mengatakan Pulau Dana Rote, Pulau Batek, Pulau Fanildo dan Pulau Brass apabila dikelola dan diberdayakan dengan baik akan dapat meningkatkan ketahanan nasional, namun sebaliknya jika potensi tersebut tidak diberdayakan secara optimal akan dapat menimbulkan berbagai konflik yang mengarah kepada SARA  (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan).


Diakhir amanatnya, Komandan Pasmar-1 menekankan kepada seluruh Prajurit Satgasmar Puter XVI, agar melandasi dan membentengi diri dengan keimanan dan   ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, tingkatkan komunikasi dan hubungan dengan warga masyarakat sekitar beserta aparat terkait (Instansi TNI dan Instansi Pemerintah), tingkatkan kepekaan dan tanggap terhadap aspirasi yang berkembang di wilayah masing-masing, jaga keamanan personel dan material terutama penyimpanan senjata, amonisi dan handak harus sesuai dengan prosedur yang berlaku dan jangan melakukan tindakan serta perbuatan yang dapat meresahkan masyarakat dan selalu menjaga nama baik Korps Marinir.

Selesai amanat, Danpasmar-1 memberikan ucapan selamat untuk bertugas kepada seluruh Prajurit Satgasmar Puter XVI yang diikuti oleh Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Purwadi, Para Asisten Pasmar-1, Komandan Menart-1 Mar Kolonel Marinir M. Nadir, Komandan Menbanpur-1 Mar Letkol Marinir Iwan Hermawan, Komandan Menkav-1 Mar Letkol Marinir Herkulanus dan seluruh pejabat teras dijajaran Pasmar-1. 








Sumber : MARINIR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar