Kamis, 12 Juni 2014

TNI AL dan US Navy laksanakan latihan Carat Divex 2014


Jakarta (MI) : TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika Serikat kembali mengadakanlatihan bersama dalam rangka kerjasama bilateral Indonesia dan Amerika Serikat. Latihan bersama (Latma) yang diberi nama “Latma Carat Divex 2014” (Cooperation Afloat Readiness and Training Diving Exercise) ini pelaksanaannya diselenggarakan di Perairan Utara Banten, Jawa Barat.

Dalam upacara pembukaan latihan yang berlangsung di USNS Safeguard, Deputy Chief of Mission Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia, Mrs. Kristen F. Bauer, secara simbolis menyematkan tanda peserta latihan kepada Komandan KRI Sultan Thaha Syaefuddin-376, Letkol Laut (P) Ario Sasongko, SE, MPM, selaku Commander Task Group (CTG) dan kepada Komandan USNS Safeguard, Captain (N) James Driver, selaku Deputy Commander Task Group (DCTG) Carat Divex 2014.

Selama ini, “Latma Carat” antara ke dua Angkatan Laut telah terlaksana beberapa kali dan terbukti saling menguntungkan bagi ke dua belah pihak, baik dari segi teknis maupun taktis matra laut. Kondisi tersebut diharapkan mampu berdampak positif di masa yang akan datang guna membina dan meningkatkan hubungan diplomatis antara Indonesia dengan Amerika Serikat pada umumnya dan khususnya antara TNI AL dan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Sesuai jadwal yang direncanakan, latihan bersama Carat Divex 2014 ini akan berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 9 Juni sampai 13 Juni 2014. Sedangkan TNI AL sendiri dalam latihan ini akan melibatkan KRI Sultan Thaha Syaifuddin-376, Satkopaska Koarmabar, Dislambair Koarmabar, Dispen Koarmabar dan Dislambair Koarmatim. Adapun jumlah personel yang terlibat dari TNI AL 105 orang, dan dari pihak US Navy melibatkan USNS Safeguard dengan jumlah personil sekitar 120 orang.









Sumber :  Koarmabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar