Sunday, November 10, 2013

TNI AD Kirim Tim Investigasi Jatuhnya Helikopter MI-17


JAKARTA  (MI) : TNI AD membentuk tim investigasi untuk menyelidiki penyebab insiden kecelakaan helikopter MI-17 di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Sabtu (9/11/2013), yang mengakibatkan tewasnya13 orang itu. 

Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen Rukman Ahmad menjelaskan, ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab kecelakaan helikopter buatan Rusia pada tahun 2011 itu. "Soal perawatan pesawat, sudah saya cek, semua dilaksanakan sesuai ketentuan. Dipastikan heli dalam kondisi baik, bahkan heli ini digunakan terus secara rutin oleh TNI AD Kalimantan," ujarnya. 

Dari segi beban maksimal, Rukman juga memastikan helikopter itu tidak menghadapi persoalan berarti. Menurutnya, helikopter berkapasitas 36 orang itu mempunyai beban maksimal hingga tiga ton. Sedangkan, saat jatuh, helikopter itu mengangkut 19 orang dan material bangunan dengan total seberat 1,8 ton. 

"Menurut keterangan Pusat Penerbangan TNI AD, sebelumnya helikopter itu bekerja dengan beban yang sama, tidak ada masalah. Saya pernah juga naik itu dengan beban lebih, juga tak ada masalah. Artinya, berat bawaan bukan persoalan," lanjutnya. 

Demikian pula soal keterampilan para penerbang yang membawa helikopter tersebut. Rukman mengatakan pilot dan co-pilot adalah penerbang yang cukup berpengalaman. Terlebih, seluruh kru helikopter telah melalui prosedur operasional sebelum menerbangkan heli. 

Sementara dari segi cuaca, Rukman mengakui belum mendapat informasi detail dari Pusat Penerbangan AD di Tarakan. Namun, lanjut Rukman, cuaca di daerah perbatasan yang bergunung-gunung serta diselimuti hutan hujan tropis itu memang cepat berubah. 

Untuk menyelidiki penyebab jatuhnya heli, Mabes TNI AD mengirim 18 orang anggota tim investigasi yang terdiri dari enam orang tim penyelidik dan 12 orang tim recovery. Tim recovery bertugas mengumpulkan potongan helikopter dan merangkai-ulang. 

Setelah itu tim dari penyelidik mulai masuk untuk meneliti penyebab jatuhnya helikoter itu. Rukman berharap tim segera mengetahui penyebab kecelakaan. Sebelumnya diberitakan, Helikopter MI-17 oleng serta jatuh di titik koordinat 4039-5080, 300 meter sebelum mendarat di helipad Pos Bulan, Kecamatan Bahauhulu, Kabupaten Malinau,Kalimantan Utara,





Sumber : KOMPAS

No comments:

Post a Comment